Waspada, Ini Dia Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

JAKARTA – Kolesterol tinggi sering kali menjadi penyebab gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Meski biasanya tak menimbulkan gejala, namun ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dideteksi. Apa saja?

Kolesterol dibutuhkan untuk membentuk sel tubuh yang sehat. Tapi, ketika asupan kolesterol dari makanan berlebihan atau terjadi kesalahan metabolisme, kolesterol tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Dikutip Sehatq, kolesterol tinggi terjadi saat kadar lemak trigliserida dan kolesterol jahat LDL mulai menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Hal ini bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, tidak berarti gejala penyakit jantung akan langsung terlihat, seperti nyeri di dada dan sebagainya. Beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa muncul adalah impotensi dan xanthomas.

Munculnya impotensi bisa menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Impotensi terjadi karena kolesterol tinggi yang berdampak pada pembuluh arteri. Ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya adalah adanya luka atau daging yang lembut dan berwarna kuning (xanthomas).

Kolesterol tinggi dapat diakibatkan oleh faktor keturunan dan faktor lingkungan. Pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan obesitas adalah faktor-faktor yang bisa menambah peluang terkena kolesterol tinggi. (heq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here