Man City vs Crystal Palace: Rotasi Bek Jadi Solusi

MANCHESTER – Dalam lima laga terakhir di Premier League, Manchester City hanya mencatatkan sekali clean sheet. Rekor tak kebobolan itu saja terjadi 30 Desember lalu saat melawan Sheffied United. Pada empat matchweek berikutnya, City jebol empat gol.

Situasi rapuhnya lini belakang City itu menjadi konsentrasi pelatih Pep Guardiola. Pada matchweek ke-23 versus Crystal Palace di depan pendukungnya sendiri, nanti malam. Guardiola mengincar kemenangan dengan rekor tak kebobolan (Live TVRI/ Mola Polytron Streaming/Mola Polytron Smart TV/Mola Matrix pukul 22.00 WIB).

Sebelumnya, Guardiola mengatakan masij mengevaluasi kinerja lini belakangnya yang mulai kendur. “Kami harus berimprovisasi dengan pemain bertahan yang kami miliki,’’ kata Guardiola seperti dikutip Manchester Evening News, kemarin.

Krisis lini belakang membuat hati Guardiola semakin was-was. Absennya Aymeric Laporte dan kepergian Vincent Kompany di penghujung musim lalu membuat mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu merotasi bek tengah. Bahkan kondisi semakin diperparah di mana dua bek tengah tersisa yakni Nicholas Otamendi dan John Stones silih berganti masuk ruang perawatan akibat cedera yang membekapnya.

Terkadang, Guardiola memasang gelandang bertahan Fernandinho dan Rodri Hernandez dipasang sebagai bek tengah. Pemasangan empat pemain tersebut diubah-ubah. Namun, Stones-Fernandinho menjadi yang utama saat Laporte masih dibekap ruang

’’Selama ini saya tidak khawatir. Saya menyukai tipikal permainannya sejauh ini tapi laga masih panjang, ’’ tutur Guardiola.

Pelatih kelahiran Santpedor, Spanyol, itu kemudian merindukan sosok kapten City yang hengkang musim ini dan menjadi pemain-pelatih di klub Belgia Anderlecht, Vincent Kompany. Vinny, panggilan Kompany, menurut Guardiola adalah salah satu bek cerdas yang pernah bekerja dengannya.

Kondisi ini jelas membuat Manchester City mau tak mau mencari bek tengah yang andal seperti Vinny. Dilansir Dailymail, The Citizwn berencana mendatangkan Unai Nunez dari Athletic Bilbao. Sayangnya, transfer ini baru terwujud pada jendela musim panas mendatang.

Peluang City mengejar emain berusia 22 tahun itu cukup besar. Pada musim ini, Nuno mengalami kesulitan untuk tampil reguler di tim utama Bilbao dan baru tampil tujuh kali di La Liga. (fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here