Madrid vs Sevilla: Awas Kutukan Bernabeu

@sergioramos / Instagram

MADRID – Real Madrid kembali bertemu lawan tangguh usai pesta kemenangan Supercopa de Espana, nanti malam. Yakni Sevilla menjadi tim yang berpotensi merepotkan para pemain Los Blancos agar terbangun dari euforia-nya.

Anak didik Julen Lopetegui tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab penampilan Sevilla musim ini terbilang mengagumkan. Untuk sementara, Ever Banega dan kolega masih bersaing di empat besar klasemen. Berada di posisi empar dengan kepemilikan 35 poin, membuat nilai mereka setara dengan sang rival, Atletico Madrid yang duduk di peringkat tiga.

Berlaga di tandang, Sevilla punya rekor apik di musim ini. Mereka menjadi tim dengan poin tandang terbanyak, yakni 20 poin. Raihan ini merupakan hasil enam kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Di tangan Julen Lopetegui, Sevilla memang berubah. Sevilla dikenal solid dan mampu menjadi pembuat masalah bagi tim manapun. Namun ketika mereka bertandang ke Real Madrid, tim tamu datang dengan kecemasan tinggi.

Estadio Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid, bukanlah tandang yang bisa mereka bobol begitu saja. Dalam 12 perjalanan terakhir mereka ke Bernabeu, klub asal Andalusia selalu kalah.

Dilansir dari Marca, bahwa 12 kekalahan beruntun di Estadio Santiago Bernabeu bak sebuah kutukan bagi Los Rojiblancos yang harus diselesaikan dengan kemenangan.

Skor kekalahan terbesar Sevilla di Santiago Bernabeu terjadi saat masih diasuh Unai Emery. Mereka kalah 7-3 di musim 2013-2014. Banjir gol juga terjadi saat Eduardo Berizzo menjadi pelatih Sevilla. Pada 9 Desember 2017, dwigol Cristiano Ronaldo mengantarkan Madrid meluluhlantakan Sevilla 5-0. Ironisnya, semua gol terjadi di 45 menit pertama permainan.

Sevilla terakhir menang pada musim 2008/09 ketika Manolo Jimenez menjadi pelatihnya. Kendati belum keluar dari kutukan, Lopetegui tetap membawa skuat pilihannya. Sayangnya, bomber merkea Lucas Ocampos yang telah mencetak ima gol harus absen di Santiago Bernabeu akibat skorsing.

Kepercayaan diri bisa lepas dari kutukan diungkapkan gelandang Sevilla, Juan Jordan. Menurutnya, strategi Lopetegui akan membawa Sevilla membalikkan penampilan mereka di depan gawang. “Kami akan berlaga seperti hewan liar saat berhadapan dengan mereka (Real Madrid),” ujarnya kepada AS.

“Mereka (Real Madrid) memiliki pemain dengan bakat yang luar biasa dan akan menyenangkan untuk menghadapi mereka,” katanya tentang bermain Real Madrid. “Saya yakin kami bakal bertarung seperti binatang,” tambah pemain yang baru merumput 19 kali bersama Sevilla itu.

Sambutan bak hewan buas sangat dinantikan Zinedine Zidane. Entrenador Real Madrid itu juga mengharapkan sambutan yang baik atas jasa Lopetegui kepada timnya. Ini menjadi pertemuan kedua antara pelatih dan mantan pelatih Los Blancos tersebut.

“Dia (Lopetegui-red) masih mengingat semua lekuk stadion Bernabeu ini. Mereka datang bukan sebagai tamu, melainkan saudara. Kita harus siap untuk memiliki permainan yang sangat rumit,” katanya kepada LA Paiz, kemarin. Meski sulit, Los Blancos dinilai tetap punya kapasitas untuk mengamankan tiga poin. (fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here