Shin Tae Yong Seleksi Garuda Muda

Foto: Instagram shinyongcoach

BEKASI – Meski baru beberapa hari bertugas sebagai manajer sekaligus pelatih Garuda senior, Shin Tae Yong dan asistennya Gong Oh Kyun dianggap telah memberikan dampak positif yang besar untuk skuat Garuda.

Shin Tae Yong dan Gong Oh Kyun yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi dianggap bisa membawa Timnas Indonesia ke level permainan tim dunia. Hal itu diungkapkan langsung Direktur Teknik PSSI Danurwindo.

Danurwindo mengatakan kepercayaan PSSI terhadap Shin dan Gong tak lepas dari pengalaman keduaya di ajang dunia. Shin sndiri pernah mengantarkan timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Meski tak berhasil meloloskan Korsel ke babak knockout, Shin mencengangkan dunia dengan keberhasilan timnya menaklukkan juara bertahan Jerman 2-0 di laga terakhir penyisihan grup.

Sementara Gong Oh Kyun, yang dipercaya menangani timnas U19, adalah asisten pelatih yang membantu Korea Selatan tampil sebagai runner-up di Piala Dunia U20 di Polandia. Meski takluk dari Ukraina di final, tim Korsel telah menunjukkan permainan yang mengesankan sepanjang turnamen.

“Shin dan Gong adalah dua pelatih yang sama-sama turun dan merasakan atmosfer Piala Dunia. Pengaruhnya untuk tim sangat besar. Mereka memiliki pengalaman bagaimana menghadapi tim dunia. Jadi, memang pelatih seperti ini yang kita butuhkan,” ungkap Danurwindo di sela-sela seleksi pemain TImnas Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Kamis (16/1) kemarin.

Lebih lanjut Danurwindo menjelaskan, Shin dan Gong telah mempelajari kelebihan dan kekurangan pemain Indonesia. Pemain Indonesia punya skill dan kecepatan yang baik, namun perlu diimbangi kekuatan fisik.

“Dalam sepak bola modern dibutuhkan kekuatan fisik untuk bisa bermain stabil dari menit awal sampai akhir. Shin dan Gong akan membangun tim untuk bisa bermain tempo tinggi baik dalam bertahan, transisi ataupun menyerang. Pemain Indonesia juga akan dilatih untuk lebih berani bertarung,” jelas Danurwindo.

Selain itu, Danurwindo juga yakin hadirnya Shin dan Gong juga bisa memberikan manfaat besar bagi pelatih nasional yang dipercaya dalam tim kepelatihan. “Tentunya mereka (pelatih nasional, red) bakal mendapatkan ilmu baru (dari Shin dan Gong, red),” tegas Danurwindo.

Sebagaimana diketahui, Shin dan Gong yang dibantu tim kepelatihan masih menyeleksi pemain-pemain untuk tim nasional U19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Proses seleksi akan berakhir pada Jumat (17/1). Nantinya pemain yang lolos seleksi akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan akan melanjutkan pemusatan latihan di Thailand.

Sebelumnya, Shin sendiri mengaku puas dengan performa yang dimiliki oleh 59 pemain yang mengikuti seleksi tersebut. Namun, ia sedikit memberikan catatan, terhadap beberapa pemain. Ia meminta agar para pemain itu bisa lebih meningkatkan lagi staminanya.

“Saya melihat pemain yang ada saat ini, semangat mereka sangat tinggi dan antusias mengikuti latihan dari kami staf pelatih. Hanya saja, catatan saya adalah, para pemain ini harus meningkatkan lagi staminanya, tadi saya lihat, tenaga mereka cepat sekali menurun,” tutur Shin.

“Saya juga katakan ke pemain, mereka harus terus meningkatkan kemampuannya. Meski sudah berada di level mereka saat ini, sedikit demi sedikit, harus mereka tingkatkan. Saya harapkan mereka terus bersemangat dalam mengikuti latihan dan seleksi untuk tim ini,” tambahnya.

Mengenai kriteria pemain seperti apa yang akan diseleksi, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku belum bisa mendapatkan gambaran. Namun ia mengaku bakal melakukan koordinasi dengan pelatih lokal yang kini masuk dalam tim kepelatihan salah satunya adalah Indra Sjafri dan Nova Arianto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here