Amankah Berolahraga saat Perut Kosong?

Pixabay

JAKARTA – Banyak orang percaya bahwa olahraga saat perut kosong bisa membakar lemak lebih banyak. Dengan begitu, diharapkan berat badan bisa turun lebih cepat. Namun, apakah cara itu aman?

Dikutip Alodokter, olahraga saat perut kosong biasa disebut fasted cardio. Teknik ini diyakini bisa mempercepat penurunan berat badan. Saat perut kosong, tubuh akan menggunakan cadangan makanan untuk diolah menjadi sumber energi.

Awalnya, tubuh akan memanfaatkan cadangan karbohidrat, kemudian baru membakar cadangan lemak. Nah, saat berolahraga dengan perut kosong, harapannya adalah cadangan lemak akan dibakar sebagai energi sehingga bisa mengurangi timbunan lemak dan mengurangi berat badan.

Namun, hal ini ternyata salah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan jumlah kalori yang terbuang dan lemak yang terbakar saat seseorang berlari selama 60 menit dalam keadaan perut kosong atau tidak.

Di sisi lain, olahraga saat perut kosong memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan. Efek negatif itu di antaranya meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah hingga menurunkan stamina.

Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga saat perut kosong bisa meningkatkan nafsu makan setelahnya. Hal ini bisa membuat kita makan lebih banyak daripada biasanya dan akhirnya meningkatkan asupan kalori harian. (heq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here