Turkish Embassy Ajukan Indonesia sebagai Tuan Rumah SME World Summit ke 4

JAKARTA – Chairman Republic of Turkey SME Insitute Foundation, Durmus Emir Yildirim didampingi Commercial Counselor, M. Murat Taskin dan Local Expert dari Kedutaan Turki, Adi S. Setiadi mendatangi Dewan Pengurus Pusat Assosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI), Kamis, 16 Januari 2020. Kehadiran mereka dalam rangka mengajukan kerjasama dan memperluas jaringan bisnis.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai peluang impor produk-produk Turki ke Indonesia. Selain itu juga, membahas peluang produk ekspor Indonesia masuk ke Turki, termasuk persyaratan umum masuknya produk-produk ekspor Indonesia ke pasar Turki dan investasi Turki di Indonesia.

Murat Taskin mengatakan bahwa perdagangan Turki masih didominasi palm oil dan komoditi utama lainnya.

“Meskipun beberapa produk Indonesia masih banyak memilki kesamaan dengan Turki namun pasar Turki masih terbuka utk Indonesia dan begitupula diharapkan sebaliknya,” jelas Murat Taskin.

Sedangkan, Durmus Emir Yildirim dalam kesempatan tersebut menyatakan pihaknya memiliki inisiasi untuk melaksanakan SME World Summit ke 4 di Indonesia. Dimana SME World Summit sudah berjalan dan diadakan di Negara Balcan, Uni Soviet, dan Afrika.

Ketua Umum AKUMANDIRI, Hermawati Setyorinny menyampaikan dengan adanya 500 ribu anggota asosiasi yg tersebar di 35 Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, AKUMANDIRI menyambut baik dan dapat membantu menyampaikan laporan inisiasi untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah SME World Summit ke 4 yang akan dilaksanakan oleh pihak Turki ke Pemerintahan Indonesia.

“Beliau juga berharap setelah pertemuan ini dapat secara langsung membahas apa langkah konkrit yang bisa dijadikan bahan kerjasama untuk memajukan ekonomi kedua negara,” jelas Hermawati.

Pertemuan ini merupakan sambutan baik dan antusiasme besar dari kalangan dunia usaha di secara Internasional. Menunjukkan bahwa pengusaha di Indonesia sudah menunjukkan eksistensinya kepada rancah Internasional, dan diharapkan terdapat bentuk kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak di kemudian hari.

“AKUMANDIRI juga berharap agar Kedutaan Turki dapat terus melakukan kegiatan dan kolaborasi yang melibatkan AKUMANDIRI di masa mendatang yang secara khusus membahas peluang komoditas unggulan Indonesia di pasar Turki,” tambah Hermawati.

Selain nama-nama tersebut diatas, dalam pertemuan itu hadir pula Wakil Ketua Umum, Rinindya Wulan Arumandanni, Ketua Bidang Advokasi, Dyah Probondari, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Khaesan Nuranisa, Pembina DPP AKUMANDIRI, Supardiyo dan Perwakilan UKM Fashion, Nilia Andrini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here