-advertisement-
-advertisement-
HomeHikmahIstri dan Anak Gus Dur Setuju Jilbab Tidak Wajib bagi Muslimah

Istri dan Anak Gus Dur Setuju Jilbab Tidak Wajib bagi Muslimah

JAKARTA- Istri Presiden RI ke-4 Badurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah mengatakan Jilbab hukumnya tidak wajib bagi wanita muslim.

Nuriyah mengatakan, dirinya berani berujar jika jilbab hukumnya tidak wajib, sebab ayat Alquran difahaminya secara kontekstual, bukan secara tekstual.

“Apakah semua orang Islam itu memakai jilbab?, tidak juga kalau kita mengartikan ayat dalm alquran itu secara benar,” ujar Nuriyah di Chanel Youtube Deddy Corbuzier, yang diunggah Rabu (15/1).

Nuriyah menambahkan, tidak semua orang bisa menerjamahkan teks dalam Alquran. Hanya orang-orang yang mempunyai basic ilmu yang tinggi yang bisa menerjemahkan Alquran. Sebab menurutnya, dalam satu kata di Alquran memiliki beberapa makna.

“Dan orang menerjemahkan ayat-ayat itu harus memenuhi beberapa persyaratan. Harus menguasai alatnya, dari segi budayanya bagaimana, semuanya itu harus ada. Kalau tidak penuhi persayaratanitu, orang yang terjemahkan ya tidak akan benar memahami agama nya,” ujar Sinta Nuiyah.

Putri bungsu Gus Dur, Inayah Wahid yang juga menemani Ibunya dalam acara Podcast Deddy itu, ikut menjelaskan alasannya tidak memakai jilbab, meskipun dia anak dari seorang Ulama.

“Kenapa saya tidak memakai jilbab, bukan karena saya belum mendapatkan hidayah atau apa. Bukan karena itu,” ujar Inayah.

Inayah mengatakan, dia mempunyai alasan dan dalil tersendiri soal dirinya tidak mengenakan jilbab. Namun Ia lebih memilih diam dan tidak menjelaskan alasannya.

“Saya tidak akan menjelaskan (alasan tidak memakai jilbab), karena masyarakat kita masih banyak yang kemudian sudah antipati duluan. Dan tidak memberika ruang untuk kemudian diskusi. Kemudian banyak juga yang tidak sepaka kok soal itu, (jilbab).” Ujar Inayah. (dal/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-