Pangkalan Militer AS Kembali Diserang Rudal

BAGHDAD– Setidaknya dua roket ditembakkan ke pangkalan udara militer Camp Taji yang menampung tentara AS di utara ibu kota Irak, Baghdad.

Serangan terhadap pangkalan militer itu dilakukan di tengah pawai yang menyerukan pengusiran pasukan Amerika Serikat dari negara itu. Sumber-sumber lokal dan kalangan politik mengatakan.

Dilansir iranpress, Rabu, 15 Januari, serangan pada Selasa malam itu dilaporkan tidak memakan korban. Serangan itu datang kurang dari seminggu setelah roket mendarat dekat pangkalan AS al-Balad 60 kilometer utara Baghdad.

Sementara itu, pemimpin Gerakan Sadrist Muqtada al-Sadr telah menyerukan demonstrasi besar-besaran di Irak, menuntut penarikan pasukan AS.

Seruannya untuk pengusiran tentara telah disambut secara positif oleh Pasukan Mobilisasi Populer (PMF), yang dikenal secara lokal sebagai Hashd al-Shaabi serta partai-partai politik termasuk kelompok parlemen Asa’ib Ahl al-Haq “Liga Orang-Orang Benar”.

Tuntutan rakyat untuk keluarnya militer AS dari Irak disahkan secara nasional, ketika anggota parlemen dalam sidang Parlemen pertama diadakan setelah pembunuhan komandan anti-terorisme top Iran Letjen Qasem Soleimani dan pemimpin PMF pada 3 Januari, meluluskannya ke dalam undang-undang.

Iran juga membalas dengan menembakkan rentetan rudal ke pangkalan-pangkalan AS di Irak. (fajar/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here