LA LIGA: Stein In, Valverde Out

BARCELONA – Berada di jalur yang benar untuk meraih titel juara La Liga musim ini, tak berarti nasib entrenador Ernesto Valverde aman di Barcelona. Dini hari kemarin, Valverde menjadi salah satu pelatih yang dilengserkan paksa sebelum musim ini.

Tiga hari pasca kekalahan dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol, manajemen Barcelona resmi mengambil keputusan untuk mendepak Ernesto Valverde.

Titel dan semua yang diraih Valverde tak menjadi jaminan nasibnya di Barca aman. Dua gelar Liga Spanyol, satu Copa Del Rey, dan satu Piala Super Spanyol tidak cukup menjadi alasan manajemen mengamankan posisinya. Valverde harus keluar. Ini karena reputasi, Valverde belum bisa memberikan Barcelona gelar Liga Champions. Padahal itu adalah trofi paling prestise bagi klub terbaik di dunia tersebut.

Kurang dari 24 jam, Barcelona akhirnya menunjuk Quique Setien sebagai pelatih barunya. Penunjukkan ini terbilang aneh, para suporter menilai Setien adalah pelatih lapis dua yang kontribusinya di kancah Eropa belum terlihat matang.

Setien yang kini berusia 61 tahun hanya sosok pelatih kelas Segunda Division. Ia banyak bertualang di klub papan bawah hingga divisi dua La Liga seperti Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan terakhir Real Betis.

Dilansir dari situs web resmi Barcelona, Setien diikat dengan kontrak 2,5 musim hingga 30 Juni 2022. Barcelona dikabarkan, terpikat oleh filosofi sepakbola Quique Setien. Dari pemaparannya, Setien tetap membawa Attacking Style-nya sejak dari Real Betis ke Barcelona. Elit Barca pun merasa gaya ini cocok diadaptasi Barca di sisa musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here