Dewas Tegaskan Tak Hambat Kinerja KPK

    JAKARTA – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah telah menghambat proses penanganan perkara korupsi yang ditangani oleh KPK. Termasuk terhadap kasus dugaan suap penetapan Pergantian Antar-Waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024.

    Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung kinerja KPK agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    “Tidak usah khawatir. Omong kosong orang bilang Dewas itu memperlama-lama. Enggak ada itu, enggak ada,” ujar Tumpak di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (14/1).

    Ia menyebut, dalam perkara yang menjerat Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan Caleg PDIP Harun Masiku itu, izin penggeledahan dikeluarkan beberapa jam setelah diajukan. Sehingga, menurut dia, tidak benar jika dikatakan Dewas KPK menghambat proses penyidikan.

    Tumpak menambahkan, kehadiran Dewas KPK tidak bertujuan untuk mempersulit, melemahkan, atau bahkan menghalangi kinerja KPK. Sebagai contoh, kata dia, terkait izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan.

    Tumpak menegaskan, Dewas KPK bakal memberikan jawaban terkait pengajuan ketiga kegiatan itu maksimal 1×24 jam setelah pengajuan dari KPK dikeluarkan. Ia mengakui, Dewas KPK bahkan telah mengumpulkan seluruh pegawai di Deputi Penindakan KPK untuk menyepakati hal itu.

    “Kita sudah sepakati bagaimana prosedur meminta izin, dan bagaimana mengeluarkan izin dan itu sama sekali tidak menghambat. Kami memberikan izin 1×24 jam paling lama dan saya jamin itu bisa kami laksanakan, kita sudah bicarakan tadi,” kata Tumpak.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here