Beranda Nusantara BOP Naik Pengganti SPP Gratis

BOP Naik Pengganti SPP Gratis

- Advertisement -
- Advertisement -

PURWOKERTO – Langkah Pemerintah Jawa Tengah yang menggratiskan SPP siswa SMA, SMK dan SLB Negeri Jawa Tengah mulai Januari 2020 mendapat dukungan dari sekolah.

Kepala SMKN Kebasen, Prihatin Widiyanto mengatakan untuk SMKN Kebasen untuk SPP gratis sudah diinformasikan kepada manajemen sekolah dan elemen-elemen terkait pembiayaan sekolah. SPP gratis menjadi sebuah langkah serius dimana pemerintah sebagai satu-satunya penenggung jawab pendidikan nasional. Artinya dalam UUD 1945 salah satu tugas negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sehingga kalau saya melihat SPP gratis merupakan salah satu langkah nyata tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat,” katanya ketika ditemui Radarmas, Selasa (14/1).
Widi menjelaskan untuk SMKN, besaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebelum tahun 2020 Rp 1.000.000 per siswa per tahun. Untuk tahun ini sepengetahuannya setelah para kepala sekolah dikumpulkan di Cabang Dinas Wilayah X, kisaran BOP 2020 untuk Kabupaten Banyumas kisarannya Rp 1.500.000 per siswa per tahun.

“Ada kenaikan Rp 500.000 per siswa. Artinya komitmen pemerintah terhadap pembiayaan di lembaga pendidikan termasuk SMK memang ada. Artinya SPP digratiskan pemerintah memandang BOP perlu dinaikkan sebagai cara pembiayaan pendidikan,” terang dia.

Dirinya melanjutkan kenaikan BOP menjadi satu langkah nyata dimana pertanggungjawaban BOP selama ini lebih bisa terukur daripada uang-uang dari peran serta masyarakat. Mungkin pemerintah melakukan langkah menggratiskan SPP harapannya bagaimana agar pertanggungjawaban biaya-biaya pendidikan yang sudah dilakukan oleh sekolah bisa dipertanggungjawabkan baik kepada masyarakat umumnya dan khususnya kepada pihak pemberi kebijakan yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi sampai pusat.

“Kalau melihat persentasenya kelihatannya mungkin ada orangtua yang membayar SPP panjang sekaligus. Saya belum mengecek. Yang ngurusi di loket sedang izin,” sambung Widi.

Kalaupun ada satu dua orangtua yang sudah membayar SPP sampai Januari 2019, pihak sekolah akan mengundang orangtua tersebut. Langkah pertama SPP yang sudah dibayarkan terhitung mulai Januari 2019 dikembalikan terlebih dahulu oleh sekolah.

Menurut pengamatannya selama ini SPP itu jangankan melewati, siswa yang membayar SPP on time saja sesuai waktunya persentasenya dibawah 50 persen.

“Biasanya mulai melunasi kebanyakan akhir tahun. Sehingga komitmen kami tetap mengembalikan kalau ada satu dua orangtua yang sudah membayar untuk 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, Kebijakan pendidikan gratis pada jenjang pendidikan menengah (SMA, SMK dan SLB Negeri) di Jawa Tengah disambut dengan suka cita oleh orang tua.

Pegiat Forum Interaksi Guru Banyumas (Figurmas), FA Agus Wahyudi mengatakan besaran BOS naik, tapi kenaikannya lebih kecil dari besaran peran serta masyarakat (PSM). Oleh karena itu sekolah dapat menyusun skala prioritas program yang orientasinya pada kegiatan pokok pembelajaran.

“Kegiatan siswa yang semula dibiayai oleh iuran PSM, sekarang harus dikurangi,” katanya.
Pemerhati pendidikan yang juga guru di SMAN 2 Purwokerto tersebut menjelaskan di sekolahnya orangtua murid kelas X ikut membayar dalam rangka berpartisipasi untuk investasi. Artinya sekolah sudah semestinya berpikir cerdas dalam membuat program sekolah agar semua tetap berjalan dengan baik, tidak mengurangi mutu layanan pendidikan kepada anak serta fokus pada upaya menciptakan manusia unggul Indonesia maju.

“Jumlahnya Rp 2.000.000 untuk yang mampu. Mereka yang kurang mampu, semampunya. Bahkan ada yang dibebaskan,” terang dia.

Dirinya melanjutkan selain itu sekolah bersama komite harus jeli mencari peluang investasi dari sumber yang sah, termasuk dari alumni. Alumni pun bisa menjadi sumber pembiayaan program yang tidak bisa dibiayai dari BOS termasuk mencari sponsorship agar bisa mendukung program sekolah.

“Tidak perlu terlalu khawatir dengan tudingan pungli. Regulasi memang mengatur seperti itu. Kalau ada orangtua yang mau memberi lebih itu bagus. Disini berlaku subsidi silang sebagai wujud solidaritas sesama. Implementasi dari Pancasila sila 5,” pungkasnya. (yda)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here