Awas! Virus Flu Burung Mulai Merebak di Tubaba

TUBABA – Di awal musim hujan ini, virus Flu Burung mulai merebak di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung. Puluhan ternak unggas di sejumlah wilayah di Tubaba mati mendadak, dan diduga kuat terserang virus H5N1 penyebab penyakit Avian Influenza (AI), atau yang lebih dikenal dengan sebutan Flu Burung tersebut.

Berdasarkan data dan laporan yang diterima Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tubaba, hingga saat ini baru tercatat ada sekitar 70-an ternak unggas yang terjangkit Flu Burung. Laporan ini berasal dari 6 (enam) tiyuh di tiga kecamatan. Yakni, di Tiyuh Candra Jaya dan Mulyo Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah; Margo Mulyo dan Margo Dadi Kecamatan Tumijajar; lalu Tiyuh Karta Raharja dan Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik.

“Angka tersebut kemungkinan dapat bertambah, karena di kecamatan wilayah seberang juga ada info mengenai Flu Burung, tapi belum ada laporan resmi dari petugas kami di lapangan,”ungkap Desie Andriyani, SP, MM, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) pada Disnak Tubaba didampingi Kasi Keswan drh. Irwan Sutrisno, Selasa (14/1/2020).

Untuk mengantisipasi agar tidak meluas, Disnak Tubaba telah menyiapkan 60 ribu dosis Vaksin Flu Burung. Untuk mendapatkannya, masyarakat atau peternak bisa langsung ke Kantor Disnak Tubaba atau menghubungi Petugas Inseminator, Puskeswan, dan paramedis yang ada di kecamatan.”Masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya, karena vaksinnya akan diberikan secara gratis,”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here