Nasi Putih Dingin Bisa Cegah Naiknya Diabetes?

Foto: pixabay

JAKARTA – Untuk menghindari naiknya gula darah, ada anggapan bahwa penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi nasi putih dingin. Namun, benarkah nasi dingin baik untuk mencegah kenaikan gula darah?

Seperti diketahui, nasi putih kaya akan zat pati atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap dengan cepat oleh usus halus. Sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat.

Namun, zat pati tersebut dapat diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna atau zat pati resisten.

Salah satu cara mengubahnya dengan menyimpan nasi yang telah matang di lemari es bersuhu 4 derajat Celcius selama 24 jam, lalu dihangatkan kembali sebelum dikonsumsi.

Zat pati yang lebih sulit dicerna akan mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus. Itulah sebabnya, nasi putih dingin yang mengandung zat pati resisten dianggap memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes.

Dikutip Alodokter, berikut manfaat nasi putih dingin bagi penderita diabetes seperti berikut.

1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Nasi putih dingin terbukti memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih yang baru matang.

Oleh karena itu, mengganti asupan nasi putih panas dengan nasi putih dingin dapat mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.

2. Meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin

Pada penderita diabetes tipe 2, terjadi gangguan pada kinerja hormon insulin yang berfungsi untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel guna diubah menjadi energi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here