Alasan Mengapa Kencing Anda Sakit

Ilustrasi: Pixabay

MINNESOTA – Urinasi atau buang air kecil adalah cara tubuh manusia, untuk mengeluarkan air yang telah diproses tubuh,  selain untuk menyingkirkan toksin atau zat-zat lain dari dalam sistem.

Namun ada kalanya, buang air kecil atau pipis ini, diikuti dengan rasa sakit yang tidak menyenangkan. Penyebabnya sendiri adalah beberapa faktor. 

menurut Healthline, rasa sakit yang disebabkan saat buang air kecil, bisa menunjukan ciri dari gejala infeksi saluran kencing. 

Biang kerok dari kondisi kesehatan yang satu ini, adalah seperti infeksi yang disebabkan bakteri, juga disebabkan oleh terjadinya radang pada saluran kencing. 

Menurut Mayo Clinic, yang paling rentan terkena kondisi ini adalah mereka kaum wqanita, meski pria juga punya potensi akan hal ini. 

Selain di atas, rasa sakit saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan bernama prostatitis, atau kelenjar prostat yang meradang. 

Mereka yang terinfeksi penyakit menular seksual, seperti herpes, gonorhea dan chlamydia, adalah juga mereka yang berpotensi mengalami hal di atas. Interstitial cystitis dan batu ginjal, juga dapat menyebabkan rasa sakit yang maksud.

Jika hal ini terjadi, maka konsultasikan kondisi Anda pada dokter, untuk mencari tahu penyebab pasti dan solusi terbaik yang harus Anda ambil, agar terbebas dari penderitaan ini.(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here