Tampines Rovers vs Bali United: Sang Penantang Lebih Bugar

GIANYAR – Usai liburan, kampiun Liga 1 2020, Bali United hanya punya waktu seminggu menghadapi Babak Penyisihan Pertama Liga Champions Asia, esok hari (14/11). Duel menghadapi runner up Liga Singapura Tampines Rovers, juru taktik Laskar Tridaru- Stefano “Teco” Cugurra- membawa 20 pemainnya ke Stadion Jalan Besar, Singapura.

Selama sepakan, Fadil Sausu dan kolega mendapat porsi latihan fisik yang lebih dominan. Dua hari jelang keberangkatan, barulah Coach Teco menggembleng dengan taktik termasuk mengatur set piece dalam laga esok hari. Fisik yang prima jelas menjadi modal mereka sebelum menghadapi Tampines yang telah mempersiapkannya sejak Desember 2019 lalu.

“Faktor kebugaran menjadi penting. Lawan memang sudah kami kenal dan berkali-kali kami meraih poin penug, tapi recovery tentu menjadi prioritas,” ujar pria yang akrab disapa Teco tersebut.

Melawan Tampines, Bali United punya rekor baik. Bali United memetik kemenangan 3-1 atas Tampines Rovers, Singapura dalam laga play-off Liga Champions Asia 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Namun, laga perdana ini hanya satu dari sekian episode jalan terjal Laskar Tridatu menembus Fase Grup Liga Champions Asia.

Andai berhasil melewati hadangan Tampines, lawan berat lainnya telah menanti Bali United. Mereka akan bersua peringkat ketiga A-League 2018-2019, Melbourne Victory. Bali United lagi-lagi menjalani laga tandang, yakni di AAMI Park, Melbourne, Rabu (21/1) depan.

Dari 20 pemain dibawa, hanya striker naturalisasi Ilija Spasojevic yang absen.
Kendati demikian, Teco telah menyiapkan beberapa opsi untuk mengisi lini depan atau target man. Seperti memainkan Lerby Eliandry atau Melvin Platje.

Posisi Melvin Platje sebagai striker penyambut bola bisa dikatakan baik. Dari 132 kali penampilannya, ia telah menggondol 37 gol dan 15 assist. Untuk Lerby sendiri, dari 56 kali penampilannya bersama Borneo FC, ia telah melahirkan 25 gol dan tujuh assist.

Melvin Platje mengungkapkan dirinya siap menampilkan yang terbaik di Singapura. Di sisi lain, tim pelatih dan ofisial telah banyak membantu recovery kebugaran tim pasca liburan.
“Saya tahu tim Tampines Rovers adalah tim yang bagus. Fokus saya saat ini adalah persiapan bersama tim menghadapi mereka. Kami sudah bekerja keras selama latihan dan juga mengatur pola istirahat. Tentu kami akan berusaha sebaik mungkin di kesempatan ini,” ujarnya dilansir dari website resmi Bali United.

Pemilik nomor punggung 7 ini pun menambahkan bila kehadiran penggawa baru Serdadu Tridatu untuk musim ini akan menambah kekuatan timnya. Ia juga berharap rekan-rekan barunya tersebut dapat cepat beradaptasi agar bisa bersama-sama membantu tim memberikan kontribusi positif.

“Saya tentu senang ketika tim ini kedatangan beberapa pemain baru ke tim ini. Saya tahu mereka punya kualitas di posisi mereka masing-masing. Semoga mereka bisa cepat beradaptasi sehingga kami semua bisa bersama-sama menjalani musim ini dengan baik,” tutup Platje.

Disaat tim Bali United senior akan bersiap untuk menjalani laga preliminary 1 Liga Champions Asia 2020, kabar yang cukup membanggakan hadir dari tim Bali United Youth. Ya, dua pemain muda Laskar Tridatu di musim lalu memperkuat tim Bali United U-18 aman menjalani Training Centre (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.
Dua pemain tersebut adalah pemain belakang Komang Tri Arta Wiguna dan penyerang Kadek Dimas Satria Adiputra. Dua pemain ini memang menjadi tulang punggung tim Bali United U-18 sehingga mampu lolos hingga babak semifinal di Elite Pro Academy Liga 1 U-18 2019 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here