Badai Sapu Texas, 11 Orang Dilaporkan Tewas

Foto: Reuters

TEXAS – Sedikitnya 11 orang tewas ketika badai hebat menyapu wilayah selatan di Amerika Serikat dengan membawa angin kencang, tornado, dan banjir. Di antara korban jiwa tersebut, satu polisi dan satu petugas pemadam kebakaran tewas di Lubbock, Texas, pada kemarin (12/1).

Sementara satu orang berada dalam kondisi kritis setelah mereka tertabrak mobil ketika menangani kecelakaan lalu-lintas, menurut beberapa pejabat setempat. “Seorang pria tenggelam di Oklahoma setelah hanyut ke dalam arus banjir ketika ia mencoba keluar dari truknya yang terjebak banjir,” terang lembaga Patroli Jalan Raya Oklahoma, seperti dilansir Kantor Berita Reuters.

Satu pasangan manula ditemukan tak bernyawa pada Sabtu di dekat trailer mereka yang hancur di Lousiana sementara satu orang lainnya tewas di jalan raya yang menjadi es setelah truk yang dikendarai terbalik, demikian dilaporkan media.

Kondisi makin mencekam, ratusan ribu orang, dari Texas hingga Ohio, tidak mendapatkan layanan llistrik. Beberapa jalan raya ditutup di Oklahoma dan Arkansas karena banjir. Lebih dari 1.200 penerbangan di dua bandara internasional Chicago dibatalkan, menurut laman pelacak penerbangan Departemen Penerbangan Chicago.

Sebenarnya, sisa-sisa Badai Tropis Imelda masih menjadi trauma bagi masyarakata Texas pada September tahun lalu. Kondisi ini membuat kru penyelamat dan sukarelawan terus mewaspadai gejala alam yang suatu saat menyerang wilayah tersebut.

Para pejabat di Harris County, yang termasuk wilayah Houston, mengatakan telah ada setidaknya 1.000 penyelamatan dan evakuasi dari banjir yang membuat orang berlindung. Sementara beberapa penerbangan dibatalkan atau ditunda di Houston.

Lebih jauh di sepanjang Pantai Teluk Texas, pihak berwenang pada satu titik memperingatkan bahwa tanggul di dekat Beaumont di Jefferson County bisa jebol, karena sudah tua dan intensitas hujan yang cepat mengejutkan meski mereka telah bersiap menghadapi banjir. ”Seorang pria berusia 40-an atau 50-an tenggelam ketika ia mencoba mengemudikan van melalui banjir di dekat Bandara Bush Intercontinental di Houston pada jam sibuk Kamis sore,” kata Hakim Wilayah Harris Ed Gonzalez seperti dikutip dari Al Arabiya. (ful/fin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here