Ambang Batas Naik, Partai Penguasa Minta 5 Persen

Menanggapi hal ini politikus PKB Lukman Edy mengatakan pada 2016 bahkan sudah mengusulkan ambang batas parlemen menjadi lima persen. Menurut dia, jumlah partai politik yang terlalu banyak di DPR mempersulit pengambilan keputusan.

Ambang batas parlemen menjadi momok bagi partai-partai kecil dan baru. Dari hasil Pemilu 2019 dengan ambang batas parlemen sebesar lima persen, ada sejumlah partai yang tak lolos ke Senayan akibat tidak mencapai perolehan lima persen suara nasional. Partai-partai itu adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Hanura, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Garuda, Partai Berkarya, dan Partai Bulan Bintang. (dim/khf/fin/ful)

 

 

INILAH 9 REKOMENDASI PDIP

 

  1. Menjaga Eksistensi:

Mendukung sepenuhnya sikap tegas pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di dalam upaya menjaga eksistensi, kehormatan dan kedaulatan teritorial dan kedaulatan ekonomi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai tindakan pihak manapun, termasuk kepentingan asing.

  1. Haluan Pembangunan Nasional:

Menyusun langkah politik strategis guna menyusun haluan pembangunan nasional melalui strategi industri hulu-hilir berbasis penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendorong riset dan inovasi.

  1. Berdikari dalam Berinovasi:

Menjadikan seluruh keaneka ragaman pangan, bumbu-bumbuan, rempah, dan seluruh kekayaan hayati, serta apa yang terkandung di dalam bumi, air, laut dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai sumber kemakmuran Indonesia berdikari melalui riset dan inovasi.

  1. Dukung Pengembangan Riset:

Memberikan dukungan sepenuhnya terhadap tugas pokok dan fungsi Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan mengambil fokus pada kegiatan riset dan inovasi terhadap flora, fauna, manusia, dan teknologi.

  1. Memperjuangan Perubahan UU Pemilu

Merekomendasikan kepada DPP Partai dan Fraksi DPR RI PDI Perjuangan untuk memperjuangkan perubahan UU Pemilu untuk mengembalikan Pemilu Indonesia kembali menggunakan sistem proporsional daftar tertutup.

  1. Pemilu Murah:

Memoderasi konversi suara menjadi kursi dengan Sainte Lague Modifikasi dalam rangka mewujudkan Presidensialisme dan Pemerintahan efektif, penguatan serta penyederhanaan sistem kepartaian serta menciptakan pemilu murah.

  1. Memperkuat Persatuan:

Pilkada serentak 2020 merupakan momentum guna memerkuat mekanisme kelembagaan kepartaian di dalam menyiapkan pemimpin.

  1. Kemenangan Pilkada:

Partai akan berusaha secara sungguh-sungguh memastikan kemenangan dalam Pilkada serentak Tahun 2020 di sekurang-kurangnya 60 persen Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia dalam rangka mewujudkan pemerintahan daerah yang pro wong cilik, pro poor-budget (APBD untuk Rakyat) sekaligus sebagai pijakan politik penting partai menuju kemenangan PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024.

  1. Komitmen Lingkungan:

PDI Perjuangan berkomitmen untuk memelopori kebijakan pembangunan nasional yang menempatkan keberpihakan terhadap lingkungan hidup. Mendukung terhadap BNPB, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas), BMKG, BNN, BPOM, HAKI dan lainnya.

 

Sumber: Rakernas I PDIP

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here