JAKARTA – Tahukah Anda jika kelembaban indera pengelihatan Anda, seiring dengan bertambahnya usia Anda, akan mulai kehilangan kelembaban alaminya?

Tidak cuma usia, tinggal di kawasan yang tinggi polusi udara, juga alergi terhadap kondisi cuaca tertentu, adalah beberapa penyebab mengapa mata Anda terasa gatal, memerah, dan berair. 

Juga menyebabkan sensitifitas terhadap sinar, dan lebih banyak memproduksi belek, adalah beberapa ciri lain yang menandakan Anda punya masalah dengan mata kering. 

Untungnya hal ini bukanlah tanpa solusi. Dengan menggunakan obat tetes mata, masalah yang satu ini sangatlah mudah untuk diatasi. Namun bagaimana ketika Anda tidak punya akses untuk menggunakannya, terlalu jauh dari apotek atau terlalu sibuk untuk keluar ruangan, akan memaksa Anda bertahan dengan mata kering.

menurut Dr. Andrew Weil, profesor dari University of Arizona, kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa tips. 

Salah satu di antaranya dengan menghangatkan kedua mata, menggunakan kedua telapak tangaan. Caranya, seperti dilansir Healthline, adalah dengan posisikan kedua sikut anda diatas meja dengan kedua telapak tangan menutup mata. 

Tarik nafas dalam-dalam, kemudian angkat kedua tangan lebih tinggi sembari memberikan sedikit tekanan pada mata anda menggunakan tumit telapak tangan anda. Tahan sebentar kemudian lepas.(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here