Pengamat Menuding Banjir Efek Gagalnya Penataan Kawasan Puncak Bogor

Dia mengakui bahwa daerah bantaran Sungai Ciliwung masih ada yang terendam banjir. Namun begitu, hal tersebut begitu sulit untuk terelakkan. Anies mengklaim, hanya 15 persen wilayah Jakarta yang terdampak banjir.

Menurut ia banjir melanda sejumlah wilayah karena pompa air yang tersedia tidak mampu mengatasi jumlah air hujan yang tinggi.”Tempat yang curah hujannya ekstrem seperti di sini (Kelurahan Makasar), di sini curah hujannya ekstrem, maka antara pompa mengalirkan dengan hujan yang jatuh enggak seimbang,” kata Anies usai melakukan kerja bakti di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

Mantan Mendikbud ini mengatakan, 85 persen wilayah Jakarta lain, contohnya di Kemang, tidak terdampak banjir karena di sana pompa air dapat berfungsi optimal.

Tercatat ada 478 pompa air yang tersebar di 176 titik di Jakarta. Anies menambahkan, sebanyak 122 unit pompa mobile juga disiagakan di wilayah Jakarta. Ia memastikan seluruh pompa air kini berfungsi secara baik. ”Hujan yang sedemikian deras, tapi kenapa Kemang tidak banjir, karena pompa mobile kami bekerja di Kemang Raya,” tutur Anies.

Ia bersyukur 85 persen wilayah Jakarta aman. Ada 15 persen yang terdampak dan 15 persen itu ada di bawah 1 persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter. “Artinya secara sistem, kesiapan kita alhamdulillah baik,” lanjutnya. (dim/fin/ful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here