Waspadai Risiko Korsleting di Musim Hujan

FOTO: Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

MAKASSAR – Memasuki musim hujan, beberapa wilayah di Kota Makassar mulai tergenang. air. Selain mewaspadai banjir, warga juga mesti mengantisipasi bahaya sengatan arus listrik.

Supervisor Humas PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselbartra, Eko Wahyu Prasongko mengatakan, PLN telah menyiapkan petugas yang siaga 24 jam untuk mengatasi risiko korsleting.

“Ada petugas siaga 24 jam dan kita akan memadamkan aliran listrik apabila ada rumah pelanggan yang terendam banjir atau gardu PLN terendam banjir,” ungkapnya, Kamis, 2 Januari.

PLN juga terus mengimbau masyarakat untuk dapat mengantisipasi bahaya sengatan listrik saat hujan, banjir atau setelah banjir surut.

Beberapa cara mengantisipasi bahaya listrik saat banjir dan hujan, lanjut Eko, salah satunya dengan mematikan instalasi listrik di dalam rumah dari Meter Circuit Breaker (MCB), cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.

Selain itu, naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi, jauh dari air dan hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.

Salah seorang warga di Kecamatan Manggala, Pita (23) mengaku, melihat kondisi cuaca sekarang yang terus diguyur hujan deras, ia berusaha mengurangi penggunaan alat elektronik di rumahnya.

“Takutnya nanti bisa korslet kalau kena air rembesan atau banjir,” ucapnya.

Selain itu, ia juga sesering mungkin mengecek kabel aliran listrik di rumahnya.

(sul/rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here