Suami Bandar Narkoba, Istri Pemakai

Ilustrasi: Pixabay

PALEMBANG – Kota Palembang, disebut-sebut sebagai daerah distribusi narkoba untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Tidak berlebihan, jika melihat barang bukti (BB) narkoba yang berhasil disita Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Palembang jelang pergantian malam tahun 2019-2020 ini.

Tim yang dipimpin AKBP Siswandi, mendapati 3.302 butir pil ekstasi, dalam penggerebekan di sebuah rumah di Jl Veteran, Lr RRI Pertama, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT III. Kamis (26/12). Sayang sang bandar berinisial Rn, sudah keburu kabur.

Narkoba itu, disimpan di atas lemari pakaian rumahnya. Polisi pun terpaksa membawa istri Rn, Henny Yuliani (29). Yang ternyata dari hasil pemeriksaan urine-nya, positif mengandung methapethamine. “Setelah kami tanya, pelaku ini (Henny) mengatakan ini (narkoba) punya suaminya,” ungkap Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Palembang, AKBP Siswandi, kemarin.

Untuk narkoba sebanyak 3.302 butir pil ekstasi itu berlogo Panda dan Kodok. Terbagi dalam 12 kantong plastik, dibungkus kantong plastik warna hitam. “Memang narkoba ini untuk stok tahun baru. Adapun Rn sudah lama jadi target, tercatat sebagai bandar,” beber Siswandi.

Pasal yang disangkakan kepada pelaku, Pasal 132 ayat 1 jo Pasal 114 ayat 2 serta Pasal 112 UU No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama 20 tahun. “Penggerebekan itu dilakukan setelah kami mendapatkan informasi jika di rumah Rn, sering dijadikan tempat transaksi narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu tersangka Heny Yuliani, mengaku tidak tahu asal narkoba yang ditemukan polisi di dalam rumahnya. Dia pun berkelit tidak tahu menahu, apa pekerjaan suaminya. “Yang jelas memang ada orang yang menitipkan barang ini ke suami saya,” kelitnya.

Dia pun mengaku, tidak mengetahui keberadaan suaminya saat ini. Sebab saat rumahnya digerebek, suaminya sedang tidak ada di rumah. “Terus setelah digerebek polisi, saya langsung dibawa ke sini (Polrestabes Palembang),” dalihnya. Dia juga bungkam, ditanya soal urinenya yang positif mengandung methapethamine.

(afi/air/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here