Beranda Bola Resmi! Timnas Punya Pelatih Baru, Shin Tae-yong

Resmi! Timnas Punya Pelatih Baru, Shin Tae-yong

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia telah resmi memiliki pelatih baru. Ya, dia adalah Shin Tae-yong yang telah resmi ditunjuk oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadi pelatih baru skuat Garuda untuk empat tahun kedepan.

Penandatangan kontrak berdurasi empat tahun antara Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih asal Korea Selatan itu dilakukan di Hall VIP, Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12) kemarin.

“Finalisasi kontrak sudah kami lakukan barusan. Pertemuan sudah dua kali dengan dia (Shin, red) dan puncaknya kemarin, Shin menyampaikan (gagasannya) kepada saya dan jajaran Exco,” ungkap Mochamad Iriawan dalam jumpa wartawan usai penandatangnan kontrak tersebut.

“Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia senior dan akan menjalankan program kerja jangka panjang dengan durasi 4 tahun. Ada klausul kenapa empat tahun,” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Meski telah mengumumkan durasi kontrak dengan Shin, namun Iwan Bule tidak membeberkan nominal kontrak mantan pelatih Korea Selatan tersebut. Akan tetapi, disebut-sebut sebelumnya oleh beberapa sumber, nilai kontrak Shin untuk menangani Timnas Indonesia cukup besar.

Disebut, nilai kontrak Tae-yong ditaksir USD 1 juta dolar (atau sekitar Rp 13,94 miliar) per tahun. Itu berdasarkan pendapatan yang dia peroleh kala menangani Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018.

Tae-yong digaji sebesar 450 ribu euro (USD 500 ribu dolar) atau sekitar Rp 7 miliar di tahun 2018. Dengan nominal itu, Tae-menjadi pelatih timnas peserta Piala Dunia 2018 dengan gaji di urutan ke-26 dari 32 kontestan.

“Yang jelas Indonesia mampu mengontrak yang bersangkutan berapapun harganya,” ujar Iwan Bule yang juga didampingi dengan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dan Sekjen PSSI, Rathu Tisha Destria.

“Shin juga sampaikan tadi, soal nilai kontrak tak perlu bicara ke publik. Yang jelas, dia memilih Indonesia karena melihat Indonesia menjanjikan dengan sepakbola maju dan bagus,” sambungnya.

Saat menangani Timnas Indonesia, Shin dipastikan bakal didampingi oleh dua pelatih lokal sebagai asistennya. Akan tetapi, Iwan Bule juga enggan menyebutkan dua pelatih lokal yang bakal menampingi pelatih kelahiran Yeongdeok-gun, Korea Selatan tersebut.

“Dia membawa staf kepelatihan dari Korea Selatan sekitar empat orang. Namun, dia juga akan didampingi oleh pelatih lokal. Akan tetapi, untuk pelatih lokal itu, kami belum bisa menyebutkannya,” tuturnya.

Menariknya di Indonesia, Shin tidak hanya akan menangani Timnas Indonesia senior saja, Ia juga bakal merangkap jabatan di Timnas Indonesia U-20. Bahkan, selain itu pelatih berusia 50 tahun ini juga akan menjadi supervisi pelatih-pelatih untuk Timnas Indonesia level usia U-16 dan U-22.

“Dia melatih Timnas Indonesia senior dan U-20. Namun, dia juga ingin memantau perkembangan timnas level usia seperti U-22 dan U-16,” papar Iwan Bule.

Hal senada juga diungkapkan wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Menurutnya, kontrak Shin dengan PSSI adalah sebagai manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia senior dan U-20. Namun, Shin juga dikatakan Iwan memiliki kuasa untuk timnas U-16 dan U-22.

“Jadi statusnya, Shin merupakan pelatih Indonesa senior dan U-22. Namun, dia juga akan membantu timnas Indonesia U-16 dan U-22,” tegas Iwan Budianto.

Tugas pertama Shin di Timnas Indonesia sudah ada di depan mata. Dimana, ia diminta untuk memperbaiki Timnas Indonesia, salah satunya Timnas senior yang terseok-seok di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ya, sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia, yang ditangani Simon McMenemy kemudian dilanjutkan kepada caretaker Yeyen Tumena itu, kini menjadi juru kunci Grup G dengan nol poin dari lima laga. Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan dalam lima laga tersebut. Skuad Garuda tinggal menyisakan tiga laga lagi untuk minimal tak menjadi penghuni juru kunci. Laga-laga sisa itu Indonesia melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Namun, Shin sendiri mengaku bahwa Indonesia masih memiliki harapan untuk bisa tampil maksimal di tiga laga tersebut. Ia mengatakan, dukungan masyarakat Indonesia juga cukup penting bagi timnas Indonesia tampil gemilang di tiga laga itu.

“Apa kabar? Nama saya Shin Tae-yong. Saya ucapkan terima kasih untuk sambutannya di sini. Hati saya terbuka karena orang-orang di PSSI sangat membantu dan menyemangati saya, untuk bisa berada disini,” buka sambutan Shin di tempat yang sama.

“Saya terima tawaran dari PSSI, walaupun Indonesia dari lima pertandingan kalah, masih ada harapan-harapan ke depannya. Saya minta tolong rakyat Indonesia untuk tetap beri semangat ke Timnas supaya bisa terus maju,” tambahnya menegaskan.

Selain itu, Shin juga bertead membawa Timnas Indonesia U-20 lolos babak kualifikasi Grup di Piala Dunia 2021. Dimana dalam ajang sepakbola usaia muda paling bergengsi di dunia tersebut, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah.

“Tahun 2021 akan ada Piala Dunia U-20 di Indonesia. Saya berharap bisa membawa Indonesia lolos penyisihan grup di Piala Dunia U-20 2021 nanti,” tuturnya.

Mengutip dari data Tranfermarket, Shin merupakan pelatih kelahiran Yeongdeok, Korea Selatan, kelahiran 1970. Shin merupakan pemain sepak bola profesional yang mengakhiri karirnya sebagai pemain di salah satu klub Australia, Queensland Roar yang kini berganti nama sebagai Brisbane Roar.

Usai gantung sepati, Shin sempat menjadi asisten pelatih di klub tempat dirinya mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola profesional yakni, Queensland Roar mulai 2005 hingga 2008. Namun, ia memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan dan menjadi manajer Seoungnam Ilhwa di tahun 2010.

Karirnya sebagai manajer di Seoungnam cukup mencuat, dimana ia berhasil membawa tim berjuluk The Magpies itu menjuarai Liga Champions Asia 2010. Bahkan, di tahun berikutinya ia pun mempersembahkan gelar juara Pial Korea untuk Seoungnam.

Sepak terjang yang gemilang itu, kemungkinan besar membuat dirinya dipercaya untuk menjadi pelatih Timnas Korea Selatan U-23 di tahun 2014. Di tahun yang sama ia dipilih menjadi pelatih interim timnas senior, hingga Uli Stielike menduduki kursi pelatih kepala Taeguk Warriors.

Tiga tahun berselang, Shin ditunjuk sebagai pelatih Korea Selatan menggantikan Stielike. Dia membawa tim Taeguk Warriors lolos ke Piala Dunia 2018 dan tampil di fase grup. Shin memang tak berhasil mengantarkan tim besutannya lolos dari babak grup, namun tim Negeri Ginseng itu membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman 2-0.

Hingga akhirnya, ia melepaskan jabatannya sebagai pelatih Timnas Korea Selatan usai gelaran Piala Dunia 2018. Satu tahun tak menangani tim manapun, Shin kini menjadi pelatih Timnas Indonesia di akhir tahun 2019 ini. (gie/fin/der)

Baca Juga

Nasib Presiden Barca Ditentukan Akhir September

BARCELONA - Nasib Josep Maria Bartomeu sebagai presiden Barcelona, akan diutentukan akhir bulan nanti, demikian seperti dilaporkan MARCA.  Menurut Media Spanyol, sebuah mosi tidak percaya...

Suarez Pergi, Messi Hancur

BARCELONA - Kepergian Luiz Suarez dari Barcelona ke Atletico Madrid, telah menghancurkan hati Lionel Messi, eks rekannya di Camp Nou.  Menurut Messi, apa yang dilakukan...

Chelsea 6-0 Barnsley: Pentas Havertz

LONDON — Chelsea menggasak Barnsley setengah lusin gol untuk lolos ke babak 16 besar Carabao Cup. Kai Havertz menjadi pahlawan kemenangan The Blues dengan...

Ibrahimovic Positif COVID-19

MILAN - Zlatan Ibrahimovic positif COVID-19, demikaian seperti umumkan AC Milan dalam penyataan resmi klub.  Menurut media Italia,  eks penyerang PSG itu didapati positif terpapar...

Alasan Suarez Gabung Atletico Madrid

MADRID - Luis Suarez meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer, dan telah meneken kontrak untuk dua musim ke depan. Kendati tidak masuk dalam rencana masa...

Berita Terbaru

Tiba-tiba Sulit Bicara, Awas Stroke Ringan

JAKARTA - Tiba-tiba kehilangan kemampuan Anda untuk berbicara? Awas, salah satu ciri dari mini stroke atau stroke ringan.  Menurut ahli, setelah terjadinya stroke ringan, pasien...

Keren, Ini Mural Chadwick Boseman yang Diresmikan Disneyland

JAKARTA - Untuk mengenang sekaligus sebagai penghormatan terakhir terhadap Chadwick Boseman, Disneyland baru saja meresmikan mural yang menampilkan wajah bintang Black Panther itu. Diletakkan di...

Usai Celana Dalam, Kini Bra Dinar Candy Ditawar dengan Harga Super Fantastis

JAKARTA - DJ seksi Dinar Candy menjadi perbincangan hangat usai dirinya menjual celana dalam bekasnya yang laku seharga Rp50 juta beberapa waktu lalu. Mengetahui celana...

Nasib Presiden Barca Ditentukan Akhir September

BARCELONA - Nasib Josep Maria Bartomeu sebagai presiden Barcelona, akan diutentukan akhir bulan nanti, demikian seperti dilaporkan MARCA.  Menurut Media Spanyol, sebuah mosi tidak percaya...

Suarez Pergi, Messi Hancur

BARCELONA - Kepergian Luiz Suarez dari Barcelona ke Atletico Madrid, telah menghancurkan hati Lionel Messi, eks rekannya di Camp Nou.  Menurut Messi, apa yang dilakukan...

Infografis: Media Paling Ideal Untuk Kampanye

JAKARTA - Dalam PKPU muncul larangan rapat umum dengan jumlah besar. Jika tidak mengindahkan aturan yang ada, maka akan ada sanksi bagi pasangan calon....

SuperM Rilis Album Perdana Sekaligus MV One (Monster & Infinity)

JAKARTA - SuperM resmi merilis full album perdana bertajuk Super One pada hari ini, Jumat (25/9/2020). Launching album tersebut ditandai dengan perilisan movie video...

Bergabung bersama kami

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dengan mudah

Nusantara

Penerapan Protokol Kesehatan Para Pengguna Jalan

WONOSOBO - Perkembangan jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Wonosobo telah memasuki minggu ke 39, dengan angka terakhir secara kumulatif mencapai 487 pasien terkonfirmasi...

ASN Sendiri Jadi Prioritas Isi Kekosongan Jabatan 

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat terhitung triwulan ketiga tahun 2020 hingga akhir 2021 jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan...

News

Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

JAKARTA– Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh...

Kegiatan RJIT Ditjen PSP Kementan Bantu Petani di Cirebon

CIREBON – Kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang dilakukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, sangat dirasakan manfaatnya oleh petani di...

Brantas Abipraya Percantik Labuan Bajo, Bakal Jadi Waterfront City

JAKARTA– PT Brantas Abipraya (Persero) yang merupakan salah satu perusahaan konstruksi milik negara ini menunjukkan komitmennya sebagai BUMN yang selalu berkarya untuk negeri. Kali...