DPRD Bangka Pertanyakan Daba Provinsi yang Tak Dikucurkan

Ilustrasi: [ixabay

SUNGAILIAT – Masalah dana Daba yang belum mendapat kejelasan dari Pemprov Babel membuat salah satu anggota DPRD Bangka bertanya. Dana yang penting bagi kabupaten/kota di Babel termasuk Kabupaten Bangka itu semestinya dikucurkan setiap tahun.

“Ada apa dengan pemerintahan provinsi Babel ini dalam hal penyaluran dana ke kabupaten khususnya Kabupaten Bangka ini?. Ini jadi pemikiran bagi kami karena sampai saat ini hampir memasuki tahun anggaran 2020 kami belum mendapat info dari tim anggaran pemerintah daerah Kabupaten Bangka mengenai dana DABA provinsi,” ungkap Hendra Yunus anggota DPRD Bangka dari Fraksi Demokrat, Rabu (25/12).

Ia mengatakan, dari penyampaian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bangka, kemungkinan Bangka tidak mendapat dana Daba dari provinsi. Padahal dana Daba itu sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Bangka dalam hal melaksanakan pembangunan yang prioritas di Kabupaten Bangka.

“Seyogyanya setiap tahun anggaran kita selalu mendapatkan kucuran Daba provinsi dalam bentuk dana. Tetapi sampai dengan saat ini TAPD Bangka belum mendapatkan kepastian dana tersebut. Tentunya kami percaya TAPD Kabupaten Bangka sebelumnya sudah mengusulkan kepada provinsi rencana kegiatan yang diusulkan untuk menggunakan dana Daba ini,” ujarnya.

Ia lanjutkan, pembangunan Kabupaten Bangka juga tentunya harus ditopang oleh pihak provinsi, karena kabupaten juga terbatas anggarannya. Sehingga antara kabupaten dan provinsi bisa bersinergi dan sejalan, saling mendukung dalam berbagai hal.
“Jangan mempertontonkan hal-hal politis dalam kegiatan pembangunan yang imbasnya¬† akan merugikan masyarakat. Kami berharap kejelasan dari provinsi terkait dana Daba ini. Walaupun kami paham itu adalah hak sepenuhnya pemerintahan provinsi,” sebutnya.

Dalam hal ini, bila memang Kabupaten Bangka tidak mendapat kucuran dana DABA provinsi maka diharap kedepan pemerintahan provinsi bermurah hati dan dapat mengucurkan dana Daba tersebut ke Kabupaten Bangka

“Karena kami yang notabene sebagai representasi masyarakat di Kabupaten Bangka tentunya juga banyak aspirasi pembangunan dari masyarakat Kabupaten Bangka. Khususnya dapil itu perluuntuk kami perjuangkan pembangunan jembatan, drainase dan lainnya,” imbuhnya.(trh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here