La Liga: Kado Natal Trio MSG

Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA, menyisihkan rivalnya, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk. Penghargaan pemain terbaik dunia diberikan pada ajang The Best FIFA Football Awards 2019 di Milan, Senin (23/9) atau Selasa dini hari WIB. (FOTO:FIFA)

BARCELONA – Trio MSG (Messi-Suarez-Griezmann) kembali menunjukkan ketajamannya. Trisula baru itu mengantarkan Barcelona mengukuhkan dirinya ke puncak klasemen usai membungkam tim promosi Deportivo Alaves dengan skor 4-1 pada jornada ke-18 La Liga, (22/12) dini hari WIB.

Tiga gol Trio MSG dari empat gol kemenangan menjadi hadiah natal bagi skuat Ernesto Valverde. Termasuk Luis Suarez. Bomber Timnas Uruguay itu didapuk sebagai Man of The Match dengan satu gol dan tiga assist-nya di laga dini hari kemarin.

Gempuran Barcelona juga didukung inisiatif entrenador Barcelona Ernesto Valverde merotasi sejumlah pemainnya. Dengan formasi 4-3-3 yang digunakan dalam El Clasico tengah pekan lalu, lini tengah Blaugrana dihuni pelapis seperti Sergio Busquets, Arturo Vidal dan Carles Alena.

Tiga pilar lini tengah seperti Nelson Semedo, Frenkie de Jong dan Ivan Rakitic sementara hanya menonton di bangku cadangan. Rotasi wing back juga dilakukan, Jordi Alba yang kerap mengisi subtitusi bek kanan diganti gelandang serba bisa, Sergi Roberto. Palang pintu Blaugrana dipercayakan kepada Samuel Umtiti dan Clement Lenglet.

Rotasi Valverde mulai menekan usai peluit babak pertama dibunyikan. Laga baru berjalan 10 menit, Lionel Messi berhasil membawa Los Cules unggul.

Sayangnya wasit Antonio Alberola Rojas menganulir gol La Pulga. Dari tayangan VAR, Messi terlihat berada dalam posisi offside saat menerima umpan lambung dari Sergio Busquets.

Empat menit kemudian, Antoine Griezmann membuka kebuntuan Barcelona. Passing silang Luis Suarez dari sisi kanan berhasil disambut Griezmann menjadi gol via sontekan kaki kanannya.

Skor 1-0 tak membuat skuat Catalunya rehat menyerang. Gelandang Chile Arturo Vidal mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-45. Tusukan Vidal ke kotak penalti mampu diakhirnya dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti dan gol. 2-0 untuk Barcelona.

Gol kejutan Vidal ini menjadi sinyal bahwa dirinya layak dipertahankan Barcelona. Ketimbang menjadi bahan banderol ke Juventus dan Inter Milan, pada pasar transfer bulan depan.

Usai turun minum, tim tamu mampu memperkecil skor. Kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen tak bisa menghalau sundulan Pere Pons yang memanfaatkan umpan lambung Ruben Duarte dari sisi kiri.

Gol tim promosi Segunda Divison tersebut makin membakar semangat pemain Los Cules membara . Kali ini, Kiper Alaves Fernando Pacheho kembali memungut bola dari gawangnya usai tembakan Lionel Messi gagal dihentikannya di menit ke-69. Ini menjadi gol ke 14 Messi dari 12 penampilannya di La Liga.

Pada menit 75, Blaugrana mendapatkan hadiah penalti setelah tayangan ulang melalui VAR, bek kanan Alaves Martin Aguirregabiria menyentuh bola di kotak penalti.

Luis Suarez yang maju sebagai eksekutor sukses menggenapkan kemenangan Barcelona menjadi 4-1. Hingga laga berakhir, tak ada gol yang tercipta. Hasil kemarin, Barca masih berada di puncak klasemen sementara La Liga dengan nilai 39.

Usai pertandingan, Gelandang Barca Sergi Roberto mengungkapkan kebahagiaannya dalam laga terakhir mereka di tahun 2019.

“Di babak pertama kami sangat nyaman; lawan praktis tidak melewati sepertiga lapangan,” kata Sergi.

“Ketika mereka (Alaves) mencetak gol, kami berhasil kembali dan mencetak gol cepat lainnya,” ujarnya.

Bagi Valverde, Barcelona beruntung memiliki Messi. Ya, pria asal Argentina ini mampu mencetak gol di setiap laga La Liga.

“Memiliki (Messi) adalah keuntungan besar bagi kami,” kata Valverde dilansir dari Marca. “Dia bisa mencetak gol dari sudut manapun,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here