Lima Manfaat Sayur Kangkung yang Belum Banyak Orang Tahu

Foto: pixabay

JAKARTA – Sayuran kangkung sudah tak asing lagi di Indonesia. Selain mudah diolah menjadi aneka ragam makanan, kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kangkung sering ditemukan di beberapa negara tropis, termasuk Indonesia. Sayuran ini memiliki dua jenis, yakni kangkung air (Ipomoea aquatica) dan kangkung darat (Ipomoea reptans).

Meski demikian, kedua jenis kangkung tersebut sama-sama merupakan tanaman herba. Namun, apapun jenisnya, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kangkung sangat kaya akan kalium, mangan dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian manusia dari segala kelompok umur. Dikutip Sehatq, berikut beberapa manfaat kangkung.

1.Mencegah anemia

Manfaat sayur kangkung yang paling diagung-agungkan adalah dapat mencegah anemia karena kaya akan zat besi.

Zat besi dapat merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh sehingga tidak akan mengalami gejala anemia, seperti badan lesu dan lemah serta sakit kepala.

2.Menyehatkan mata

Sayur kangkung juga mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi kangkung secara rutin adalah katarak.

3.Meningkatkan kualitas otak

Kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 pada kangkung dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik.

Manfaat sayur kangkung ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan agar kapasitas otak mereka meningkat dan menjadi lebih cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here