Tanda Anda Harus Berhenti Ngopi

JAKARTA – Kebanyakan orang sudah pastinya tahu akan manfaat konsumsi kopi. Tidak hanya meninggkatkan mood seseorang, minum kopi juga meningkatkan metabolisme tubuh dan performa fisik manusia. 

Namun tahukah Anda, di luar manfaatnya ada juga efek samping dari konsumsi kopi, apalagi jika dikonsumsi secara berlebih. 

Dikenal dengan nama coffee crash atau caffein crash, kondisi ini dapat memicu perasaan cemas, disebabkan oleh produksi adrenaline yang berlebih, bertanggungjawab atas kecemasan dan perasaan gugup.

Selain menyebabkan insomnia, coffee crash juga bertanggungjawab atas masalah pada sistem pencernaan, memicu peristalsis yang menyebabkan kontraksi pada pencernaan. 

Efek buruk dari kelebihan mengkonsumsi kopi adalah rhabdomyolysis, yang bertanggungjawab atas kerusakan pada fungsi ginjal dan masalah lainnya. Masalah pada detak jantung pun terkadang tak terhindarkan.

Jika sudah begini, hal yang paling bijak yang bisa Anda lakukan, selain memeriksakan kondisi ke dokter, tentunya dengan melepaskan diri Anda dari jeratan konsumsi kafein.(ruf/fin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here