Beranda Bola Vietnam 3-0 Indonesia: Tetap Bikin Bangga

Vietnam 3-0 Indonesia: Tetap Bikin Bangga

- Advertisement -
- Advertisement -

MANILA – Timnas Indonesia U-23 harus memupuskan mimpinya untuk kembali meraih emas dari cabang olahraga (cabor) sepakbola putra pada SEA Games. Timnas Indonesa U-23 yang sudah berhasil tembus ke final harus mengakui keunggulan Vietnam.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Filipina, Selasa (10/12) kemarin malam, skuat Garuda Muda kalah telak 0-3 dari skuat negeri Paman Ho. Tiga gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Doan Van Hau (40′, 72′) dan Do Hung Dung (59′).

Tampil agresif sejak babak pertama dimulai, Timnas Indonesia U-23 memiliki kesempatan dari tendangan bebas pada menit ke6. Sayang, sepakan Zulfiandi yang sudah meluncur ke arah gawang masih mampu di halau penjaga gawang Vietnam, Nguyen Van Toan.

Sejak babak pertama dimulai, Evan Dimas Darmono dan kolega memang terus menekan pertahanan Vietnam. Akan tetapi, Vietnam pun tak tinggal diam. Anak asuh Park Hang-Seo juga sempat beberapa kali mengancam gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata.

Seperti serangan cepat pemain Vietnam di menit ke-15 nyaris menciptakan keunggulan kalau saja sepakan kerasnya dari luar kotak penalti yang mengarah ke sisi kanan gawang tak di tepis kiper Borneo FC itu.

Tiga menit berselang, Vietnam sempat mengancam lewat sundulan Nguyen Thanh Chung yang belum menemui sasaran. Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit ke-20, dimana Evan Dimas Darmono tak bisa melanjutkan pertandingan karena dilanggar oleh Doan Van Hau.

Evan Dimas dikabarkan mengalami cedera engkel yang membautnya harus diganti Syahrian Abimanyu. Lima menit sebelum laga paruh pertama berakhir di waktu normal, Vietnam berhasil menciptakan keungulan melalui sundulan Doan Van Hau. Berawal dari tendangan bebas, Van Hau berhasil meneruskannya untuk merobek jala gawang Indonesia.

Skor 0-1 untuk kemenangan Vietnam bertahan hingga turun minum. Pelatih Indonesia Indra Sjafri melakukan perubahan pemain di awal babak kedua. Ia memasukkan Egy Maulana Vikri menggantikan Witan Sulaiman untuk mengejar ketertinggalan 0-1 dari The Young Golden Stars.

Meski demikian, skuat Garuda Muda masih tetap kesulitan untuk menembus pertahanan Vietnam. Para pemain Vietnam cukup disiplin mengantisipasi serangan yang dilakukan oleh Osvaldo Haay dan kawan-kawan.

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Indonesia malah kembali kebobolan. Kali ini, Do Hung Dung yang mencantatkan namanya di papan skor pada menit ke-59 lewat sepakannya yang mengarah ke sisi pojok gawang Indonesia.

Pada menit ke-73, Vietnam justru menambah kepedihan anak asuh Indra Sjafri menjadi 3-0 atas Indonesia. Lagi-lagi Van Hau yang menjadi mimpi buruk bagi penjaga gawang Indonesia.

Ya, Van Hau kembali mamaksa Nadeo untuk kembali memungut bola dari dalam gawangnya usai menyambar bola liar. Tujuh menit berselang, Majed Mohammed Alshamrani terpaksa mengusir pelatih Vietnam Park Hang-Seo. Hal itu dilakukan lantaran juru taktik asal Korea Selatan itu melakukam protes keras. Di sisa waktu, Indonesia terus mencoba untuk memperkecil kedudukan, beberapa peluang yang didapat skuat Garuda Muda belum mampu menggetarkan jala gawang Vietnam.

Skor 0-3 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Penantian panjang Garuda Muda mengulang emas di SEA Games 1991 di Rizal Memorial Stadium, Manila harus pupus di ujung jalan.

Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Sani Rizki Fauzi, Zulfiandi, Evan Dimas; Witan Sulaiman, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Vietnam (4-3-3) : Nguyen van Toan; Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Duc Chien, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh.

(gie/fin/tgr)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here