JAKARTA – Anda mungkin  pernah merasa rendah diri lantaran mendengar cerita rekan atau kolega Anda, yang mengaku perkasa jika bicara urusan ranjang, lantaran mampu tampil dalam durasi yang jauh lebih lama dari Anda. 

Namun tahukah Anda, menurut sebuah studi yang dirilis pada Society for Sex Therapy and Research, ditemukan fakta yang cukup menarik soal durasi seks yang normal. 

Menurut studi tahun 2005 silam itu, seks yang berlangsung satu hingga dua menit, masuk dalam kategori terlalu singkat, alias bisa dibilang prematur. Akan tetapi, seks yang memakan 10 hingga 30 menit, atau lebih adalah terlalu lama. 

Lalu berapa lama seks menurut ukuran normalnya, atau setidaknya menurut studi tersebut? Well, studi yang dilakukan beberapa pakar seks itu menunjukan bahwa 7 hingga 13 menit, adalah waktu yang paling dianggap PAS, oleh para partisipan yang terlibat dalam survei. 

Namun perlu dicatat, waktu yang dihabiskan untuk foreplay alias sesi pemanasan, tidak masuk dalam angka-angka yang disebutkan di atas. 

Kesimpulannya, bagi Anda dengan durasi main yang tergolong normal, setidaknya bisa bernapas lega tentunya. Akan tetapi, jika Anda masuk dalam kategori prematur, maka konsultasi dengan dokter sepertinya yang Anda butuhkan saat ini.(ruf/fin) 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here