Diduga Cabuli 8 Anak Di Bawah Umur, Kakek di Brebes Diciduk Polisi

ilustrasi

BREBES – Seorang kakek di Kabupaten Brebes terpaksa diringkus oleh anggota Satreskrim Polres Brebes, Sabtu (7/12) lalu. Dia terpaksa diamankan oleh pihak kepolisian lantaran diduga telah melakukan tindak pidana cabul terhadap delapan anak yang masih di bawah umur. Kakek tersebut yakni SR, 55, warga Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan.

Penangkapan terduga pelaku pencabulan yakni berawal pada, Selasa (3/12) kurang lebih sekitar pukul 11.45, salah seorang saksi mememberitahukan kepada salah salah satu orang tua korban bahwa korban telah menjadi korban pencabulan. Setelah mendapatkan informasi itu, lantas salah satu orang tua korban menanyakan langsung ke yang bersangkutan (korban). Dan korban membenarkan bahwa telah terjadi tindak pencabulan.

Setelah mendapatkan pengakuan dari korban, pihak korban lantas melaporkan ke pihak kepolisian terdekat. Setelah mendapatkan laporan itu, pihak kepolisian langsung melakukan penangkapan.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kasatreskrim Polres Brebes AKP Tri Agung Suryomicho membenarkan terkait kasus dugaan pencabulan tersebut. Pihaknya, berhasil mengamanakan terduga pelaku pencabulan setelah mendapatkan laporan dari orang tua korban.

“Dari informasi yang kita terima, korbannya ada delapan anak,” ungkapnya saat dikonfirmasi terkait kasus tersebut.

Dijelaskannya, modus yang dilakukan pelaku yakni membujuk anak (korban) untuk melakakukan perbuatan cabul dengan mengiming-imingi uang dengan total sebesar Rp 28.000. Uang tersebut dari empat korban.

“Modusnya dengan mengiming-imingi korban dengan uang. Setelah mendapatkan uang, lantas pelaku melakukan tindak pencabulan,” ucapnya.

Dijelaskannya, akibat perbuatan tersebut pelaku diancam Pasal 82 UU RI No. 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu No. 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi undang – undang. Dengan ancaman kurugan penjara maksimal 15 tahun penjara.

“Kalau ancaman maksimal 15 tahun penjara. Dan saat ini, kami masih melakukan pengembangan apakah ada korban lain atau tidak,” jelasnya.

Saat ini, pelaku terduga tindak pidana pencabulan sudah diamankan di Rutan Mapolres Brebes. Selain itu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk sejumlah uang yang digunakan pelaku untuk mengiming-imingi korban.

Terduga pelaku pencabulan SR, 55, dihadapan penyidik mengakui atas perbuatan yang dilakukan olehnya. Dalam pengakuannya, dirinya membantah telah melakukan tindak pencabulan terhadap delapan anak tersebut.”Seingat saya cuma lima. Dan itu juga hanya cium pipi kanan dan kiri,” ungkapnya.

(ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here