Barcelona vs Mallorca: Misi Jauhi Sang Rival

BARCELONA – Kemenangan 1-0 Real Mallorca atas Real Madrid pada jornada ke sembilan sebenarnya menjadi modal penting skuat Vicente Moreno memperbaiki posisinya di klasemen.

Bukannya langsung tancap gas, Lago Junior dan kolega malah terpuruk lebih dalam. Mallorca belum meraih tiga poin sekalipun sejak akhir Oktober lalu. Dari enam laga, Los Bermellones hanya mengemas satu imbang dan lima kekalahan dan terperosok ke posisi 17, hanya berjarak satu poin dengan juru kunci, Celta Vigo.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Real Mallorca harus melewati laga tandang yang berat pekan ini. Juara bertahan dan pemimpin klasemen Barcelona akan menjadi tuan rumah Mallorca di Camp Nou pada pekan ke-16 La Liga, dini hari nanti. (Live Bein Sport 1, Pukul 03.00 WIB).

“Laga melawan Real Madrid memotivasi kami untuk mencari kemenangan tiga kali beruntun. Namun ternyata kami harus mendapat kekalahan lima kali beruntun. Ini memang berat, tapi kami tak mau menyerah,” tutur entrenador Mallorca Vicente Moreno kepada AS Sports.

Perjalanan Mallorca kembali ke La Liga memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Krisis keuangan pada Juni 2017, membuat tim yang bermarkas di Palma itu anjlok ke divisi ketiga (Segunda Division B).

Tekad yang kuat, mereka lantas menghantam balik, naik ke divisi dua, divisi satu (La Liga), dan menjadi lawan yang mampu menyulitkan bahkan menaklukkan Real Madrid. Namun itu belum cukup, ujian mereka saat ini adalah bertahan di La Liga selama mungkin. Modal bertahan pun tak akan cukup, Barcelona butuh banyak kemenangan untuk menjauhinya dari Real Madrid.

Apalagi Blaugrana tengah mengincar empat kemenangan beruntun. Bintang Barcelona Lionel Messi baru saja merengkuh Ballon d’Or keenam dalam kariernya. Prestasi ini tentu memotivasinya membela Barcelona meraih kemenangan. Sebuah kabar yang menyesakkan bagi Mallorca.

Barcelona tengah di atas angin. Pada jornada ke 14, mereka juga membungkam tuan rumah Atletico Madrid melalui aksi magis Messi. Datang sebagai tim tuan rumah, Barca punya segudang kunci menundukkan Mallorca.

Dari 56 duel di segala ajang, Barcelona 33 kali menang atas Real Mallorca, 10 kali bermain imbang, serta baru 13 kali menelan kekalahan. Dalam lima duel terakhir, Barcelona selalu menang.

Kendati demikian juru taktik Barcelona Ernesto Valverde tak mau gegabah melakukan rotasi pemain. Salah satunya mengistirahatkan Antoine Griezmann jelang laga tandang melawan Inter Milan di Liga Champions. Sosok penggantinya, Carles Perez berpeluang main dari menit awal.

Sementara Lionel Messi diprediksi menjadi starter bersama Luis Suarez di lini serang. Hingga kini, Camp Nou masih
tetap angker bagi tim tamu dengan mengemas enam kemenangan kandang.

Meski demikian, penyerang Mallorca, Ante Budimir, optimististis timnya mampu menghasilkan poin di Camp Nou. “Ini sepakbola semua bisa terjadi, kami punya peluang untuk menang di sana,” tandas penyerang asal Kroasia itu dikutip dari laman web resmi Barcelona.

(fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here