JAKARTA – Anda pastinya sudah sering mendengar kaitan antara stress dengan tumbuhnya jerawat di wajah mulus Anda, namun tidak pernah benar-benar paham apa yang menyebabkannya.

Well, menurut Healtline hal ini ada hubungannya dengan kebiasaan seseorang, memegang wajahnya lebih sering dari biasanya. Dan perlu diingatkan bahwa, tangan manusia adalah salah satu sumber kuman yang berkontribusi pada masalah di wajah Anda. 

Kendati demikian, peran tangan dan perpindahan bakteri pada tangan ke kulit wajah tidak serta-merta menjadi penyebab tunggal,. 

Perubahan hormonal, produksi minyak di kulit wajah juga tersumbatnya pori-pori wajah, menjadi bagian dalam proses yang menyebalkan ini.

Menurut sebuah studi yang melibatkan 94 partisipan berusia belasan tahun, stress dan jerawat lebih cenderung memburuk pada remaja laki-laki ketimbang perempuan.

Sedang dirundung stress? Anda mungkin ingin menghindari pertemuan antara jemari rangan Anda, dengan wajah Anda. Ketimbang itu, luapkan emosi Anda dengan memijat stress ball, yang diklaim efektif dalam menurunkan mumet di kepala.(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here