Galak di Champions, Tumpul di Inggris

LONDON – Sepanjang karirnya Jose Mourinho selalu tampil garang saat berhadapan mantan klubnya. Sejak melatih klub raksasa Eropa, ia telah melakoni 15 laga melawan para klub yang pernah memecatnya begitu saja. (Selengkapnya lihat infografis)

Rekor pertemuan Mourinho dengan mantan klubnya bakal membuat Setan Merah ketar ketir. Mantan manajer Real Madrid, Chelsea dan Inter itu memiliki catatan sembilan kali menang, sekali imbang dan lima kali kalah saat berhadapan dengan mantan-mantannya. Jumlah pertemuan itu terhitung sejak The Special One melatih Chelsea musim 2004-2005 hingga sekarang.

Melawan Manchester United, Spurs butuh tiga angka untuk merengsek ke posisi empat besar klasemen Premier League. Sebuah kemenangan akan membawa Mourinho menggenapkan 10 kemenangan melawan mantan klub.

Rekor pertemuan Mou bersama mantan klubnya terlihat di ajang Liga Champions musim 2004-2005. Mou yang saat itu menjadi mastermind Chelsea membungkam Porto tanpa ampun. Porto yang baru saja dibawa Mou merebut trofi Champions musim sebelumnya kalah dua kali, baik di laga home (3-1) dan away (1-2) di penyisihan Grup H. Sayangnya, langkah Chelsea harus terhenti di partai semifinal.

Musim selanjutnya, Porto kembali menjadi bulan-bulanan Jhon Terry dan kolega. Chelsea yang saat itu baru merekrut Didier Drogba melesatkan tiga gol di babak 16 besar. Namun, saat Mou hijrah ke Inter pada medio 2008, Chelsea pun kembali menjadi bulan-bulanan Nerazzurri.

Di musim Liga Champions 2009-2010, skuad Inter memupuskan harapan Drogba dan kolega di babak 16 dengan agregat 3-1 hingga akhirnya menjadi kampiun setelah menundukkan Bayern Munchen di partai final. Selama di Champions, Mou mengemas catatan bagus dengan tujuh kemenangan dan satu kali imbang.

Sayangnya di tataran domestik, catatan Mou tak terlalu bagus saat bertemu dengan mantan klubnya. Saat menakhodai Manchester United, The Special One hanya mengemas dua kemenangan dan dua kali kalah oleh Chelsea di Liga Premier.

Pil pahit harus ditelan Mou, dengan dua kali gagal ke final Piala FA. Skuat Chelsea yang saat itu dibesut Antonio Conte melumat United di perempat final FA 2017 (0-1) dan final 2018 (3-1). Selain FA, Mou tak bisa menambal kekurangan United saat digulung Real Madrid 1-2 di Piala Super UEFA. Mou memang garang di Liga Champions, tapi tajinya menumpul di Inggris.

(fin/tgr)