Ballon d’Or Keenam La Pulga

Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA, menyisihkan rivalnya, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk. Penghargaan pemain terbaik dunia diberikan pada ajang The Best FIFA Football Awards 2019 di Milan, Senin (23/9) atau Selasa dini hari WIB. (FOTO:FIFA)

PARIS – Mega bintang Barcelona, Lionel Messi kembali menyabet penghargaan Ballon d’Or 2019. Raihan trofi berbentuk bola emas itu merupakan koleksi keenam bagi La Pulga -julukan Messi- yang sekaligus menjadikannya pemenang terbanyak hingga saat ini. Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2019 dalam seremoni yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, dini hari kemaein (3/12) .

Pemain berkebangsaan Argentina itu berhasil meraih penghargaan tersebut usai meendapatkan total poin 686, unggul hanya tujuh angka saja dari runner-up Virgil van Dijk. Raihan penghargaan itu tak lepas dari performa gemilang Messi di sepanjang musim 2018/2019.

Ya, tercatat Messi telah mencetak 51 gol di semua kompetisi dan mengantar Barcelona menjuarai Liga Spanyol. Sementara musim ini, pemain berusia 32 tahun itu sudah bikin 11 gol di semua kompetisi.

Ini menjadi yang keenam kalinya Messi meraih penghargaan pemain terbaik dunia yang digagas penulis majalah France Football itu. Ya, sebelumnya pemain mungil itu telah lima kali meraih penghargaan serupa pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Raihan enam Ballon d’Or ini menjadikan Messi sebagai pemain terbanyak dalam sejarah yang mengoleksi penghargaan tersebut, melewati Cristiano Ronaldo yang sebelumnya sejajar dengan lima trofi.

Meski mencatatkan sejarah sebagai pemenang Ballon d’Or terbanyak, Messi yakin rekornya itu akan dipecahkan suatu hari nanti. Menurutnya, semua catatan rekor yang ada pasti akan pecah meski tidak tahu siapa yang kelak meraih lebih dari enam trofi Ballon d’Or.

“Saya tidak tahu suatu saat nanti akan ada yang memecahkannya (rekor terbanyak peraih Ballon d’Or). Tetapi, itu sangat mungkin (terjadi),” tutur Lionel Messi dalam sesi malam penganugerahaan di Paris, Prancis.

“Rekor ada untuk dipecahkan, tetapi saya tidak tahu kapan dan oleh siapa. Untuk saat ini, saya pemegang rekor itu dan saya sangat senang,” sambung pemain berusia 32 tahun itu.

Meski demikian, Messi memiliki ambisi besar untuk bisa meraih penghargaan serupa di tahun berikutnya. Ya, jikamelihat performa yang ditunjukkan Messi hingga saat ini, sang pemain andalan Barcelona itu masih berpeluang untuk kembali meraih gelar serupa.

Jika masih aktif, maka Cristiano Ronaldo diprediksi bakal menjadi pesaing berat untuk memecahkan rekor terebut. Ya, CR7 sudah mengoleksi lima trofi Ballon dOr yang digagas majalah France Football pada 1956 itu atau kedua terbanyak setelah Lionel Messi.

Kendati demikian Messi tak bisa memungkiri bahwa munculnya pemain muda yang kini bermunculan bisa menggagalkan mimpinya untuk meraih trofi serupa di musim mendatang. Ia menegaskan wonderkid Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe yang berpotensi mengubur mimpinya tersebut.

“Saya tidak bisa membayangkannya. Saya tidak akan pernah berpikir untuk memenangkan satu pun. Namun, saya senang, karena hal ini merupakan sebuah pengakuan yang membuat saya sangat bangga,” tutur Messi kepada L’Equipe.

“Mungkin saya akan memenangkannya lebih banyak lagi. Mungkin, saya tidak tahu kapan. Kylian Mbappe bisa juga memenangkannya. Tentunya ia pemain yang hebat,” tambahnya menandaskan. Menariknya, pada kesempatan tersebut, Luca Modric lah yang memberikan trofi Ballon d’Or 2019 kepada Messi. Punggawa Real Madrid itu mendapatkan tugas tersebut lantaran dirinya adalah pemenang Ballon d’Or di edisi 2018 tersebut.

Maka, secara tidak langsung Modric yang merupakan pemain Madrid itu harus menyerahkan gelar individu prestisius tersebut kepada pemain tim rival abadinya. Meski demikian, hal itu tak membuat Modric khawatir. Menurutnya, meskipun sang penerima penhargaan itu adalah musuh bebuyutan Madrid, namun ia tetap respek kepada Messi.

Modric mengakui di dunia olahraga khususnya sepak bola, sesama pemain harus saling menghormati. “Olahraga dan sepakbola bukan hanya tentang menang, mereka juga tentang menghormati rekan setim dan saingan Anda,” tulis Modric di twitter pribadi miliknya, kemarin.

(gie/fin/tgr)