Mahasiswa Fikom UMB Bantu Bisnis Pelaku UMKM dengan Media Sosial

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar Kuliah Peduli Negeri (KPN) di RPTRA Meruya Utara, Selasa, (3/12). Foto: UMB for FIN

JAKARTA-Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar Kuliah Peduli Negeri (KPN) di RPTRA Meruya Utara, Selasa, (3/12). KPN ini bertema pembinaan pemanfaatan media sosial bagi pebisnis UMKM.

Latar belakang KPN ini karena adanya sejumlah UMKM di Meruya Utara yang seringkali terbentur masalah pemanfaatan media digital untuk mengembangkan produk. Padahal produk yang mereka tawarkan sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi.

”Inovasi yang dilakukan oleh pedagang seringkali terhambat oleh pengetahuan yang kurang terhadap perkembangan media digital, khususnya media sosial,” kata Ketua kelompok pelaksana kegiatan Kuliah Peduli Negeri UMB Andika Reza.

Karena masalah ini, mahasiswa Bidang Studi Digital Communication kemudian memberikan solusi dengan pembinaan pemanfaatan media sosial agar para pebisnis UMKM pemula dapat mengerti betapa penting dan banyaknya keuntungan yang bisa didapat.

Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pembinaan ini antara lain berupa pembekalan pemanfaatan media sosial sebagai platform promosi, pemaparan fungsi tiap media sosial, pembekalan manajemen media sosial, penggunaan aplikasi pembantu dalam membuat konten yang menarik, pemanfaatan akun bisnis pada media sosial untuk keperluan iklan produk.

“Diharapkan kegiatan pembinaan ini dapat memberikan pengetahuan dan menerapkan kebiasaan baru kepada para pebisnis UMKM di Meruya Utara dalam mempromosikan brand di media sosial. Selain itu agar mereka menguasai manajemen media sosial untuk bisnis mereka,” terang Andika.

(wsa/fin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here