JAKARTA – Mana yang terlebih dahulu seharusnya Anda lakukan untuk memangkas lebih banyak lemak tubuh, apakah itu sarapan lalu berolahraga, atau olahraga dulu baru Anda sarapan?

Well, jawabannya menurut sebuah studi Inggris, adalah dengan berolahraga terlebih dahulu, setelah itu, baru ditutup dengan sarapan. 

Demikian temuan sebuah studi yang dirilis pada The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, yang dikerjakan oleh penelitian gabungan dari dua universitas di Negeri Tiga Singa itu. 

Menurut studi yang berlangsung selama enam pekan, yang melibatkan Universitas dari Bath dan Birmingham, ditemukan bahwa mereka yang berolahraga terlebih dahulu, sebelum menyantap hidangan makan pagi mereka, punya potensi membakar dua kali lipat lebih banyak lemak, di bandingkan mereka yang melakukannya dengan cara terbalik.

Menurut temuan studi ini, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya kadar insulin seseorang saat berolahraga, sebelum sempat menyantap menu sarapannya, memaksa tubuh untuk membakar lebih banyak lemak dari biasanya.

Punya masalah dengan berat badan namun bingung memulai dari mana? Anda mungkin ingin memulainya dari bagaimana, Anda mengatur jadwal olahraga Anda dan kapan harus Anda menyantap  sarapan kesayangan Anda.(ruf/fin)