Ini Rahasia Sampo dari Sari Jeruk Nipis

JAKARTA– Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dipercaya bisa menghilangkan keberadaan ketombe. Jeruk nipis kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah mineral.

Kandungan asam dari buah ini dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi. Selain bisa melunturkan sebum di kepala, jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar

Dosen Fakultas Farmasi UMI, Faradiba bersama Fauzia Ningrum Syaputri dan Amran Ilyas Tandjung melakukan pengujian terhadap formulsi sampo sari buah jeruk nipis. Dari hasil pengujian dengan kelima parameter yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sampo cair transparan sari buah jeruk nipis yang memiliki kestabilan optimal adalah formula dengan konsentrasi 0,5 persen bahan peningkat viskositas

Cara membuat sarinya, buah jeruk nipis dipotong menjadi empat bagian. Diperas buah jeruk nipis, lalu disaring dengan menggunakan kertas saring agar terbebas dari bulir dan bijinya. Setelah itu diukur hasil perasan buah jeruk nipis yaitu sebanyak 1700 mL. Lalu di Frezze dryer hingga diperoleh sebanyak 97,9 gram.

Pembuatan sampo cair transparan yakni dengan memasukkan natrium lauryl sulfat dalam 30 ml aquadest, lalu dipanaskan di atas penangas air. Hindari pengadukan yang berlebihan untuk menjaga agar natrium lauryl sulfat tidak berbusa selama pemanasan. Bila natrium lauryl sulfat telah larut, segera ditambahkan sisa air bersama Na-EDTA dan metil paraben lalu diaduk perlahan. Apabila larutan dalam wadah telah jernih, larutan diturunkan dari penangas air.

Panaskan 30 mL aquadest setelah itu masukkan karbopol dan diaduk hingga karbopol larut dan menjadi jernih, setelah itu diturunkan dari penangas air. Kemudian ditambah dengan 10 tetes TEA sambil diaduk dengan menggunakan mixer.

Setelah karbopol mengembang segera ditambahkan dengan campuran larutan natrium lauryl sulfat, metil paraben dan natrium EDTA diaduk dengan menggunakan mixer hingga homogen.

“Setelah itu, larutan ditambahkan gliserin dan propilen glikol lalu diaduk perlahan. Setelah homogen, ditambahkan sari formulasi shampo cair transparan sari buah jeruk nipis 20 buah jeruk nipis sambil diaduk perlahan,” ungkap Faradiba

Bila semua bahan telah tercampur merata, sampo diberi parfum secukupnya. Sampo didiamkan kurang lebih 24 jam untuk diperoleh kekentalan dan kejernihan optimal yang diikuti oleh penurunan busa. (ind/dni/FAJAR/fin)