UAS Haramkan Catur, Menag: Malu, Diketawain Orang

Beranda Nasional UAS Haramkan Catur, Menag: Malu, Diketawain Orang

JAKARTA- Ustad Abdul Somad (UAS) menyatakan permainan catur dan domino adalah haram. UAS menyampaikan itu melalui sebuh video ceramahnya yang beredar di jagat maya belum lama ini.

Mengenai hal itu, Menteri Agama Fachrul Razi enggan untuk berkomentar. Ia meminta agar pernyataan UAS tersebut tidak perlu ditanggapi.

“Halah, kalau begitu-begitu enggak usah ditanggapi lah kalau begitu. Malu, diketawain orang banyak,” kata Fachrul kepada wartawan di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (22/11).

Menurutnya, masing-masing orang bisa menggunakan referensi mana pun untuk ilmu nya. “Karena orang bisa lihat dari referensi manapun,” jelasnya.

Menag mengatakan, sebaiknya agar seseorang tidak mengklaim dirinya paling tahu. Dia pun menganalogi antara dokter dan pasien.

“Saya selalu bilang ya, sekarang orang tidak bisa mengklaim paling tahu, paling hebat. Karena dokter spesialis pun bisa dituntut pasien yang tidak tahu apa-apa. Dia, bisa mengatakan: dok, Anda salah ngasih obat ke saya. Obat yang Anda kasih dampak negatifnya sangat banyak. (Dokter bisa balas): Loh saya dokter spesialis. (Pasien membalas): Lha saya baca dari ratusan dokter spesialis lain,” tutur Fachrul menjelaskan.

Video ceramah UAS, soal catur haram, ramai dibicarakan publik di media sosial. Video itu, diduga diambil pada tahun 2017 lalu. Dlam video itu, UAS mengatakan catur haram.

“Taz, boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu,” ungkap UAS dalam video tersebut.

“Masa olahraga tapi bengong sampai tiga jam, aduh, mau persatuan catur nanti marah sama saya terserahlah,” sambung Ustaz Somad. (dal/fin).

Baca Juga

Berita Terbaru