Triple Crown untuk Honda

Andrea Dovizioso meneruskan dominasi Ducati di Red Bull Ring, Spielberg, usai meredam Marc Marquez (Repsol Honda) untuk menjuarai balapan GP Austria, kemarin (11/8). (Foto: Afp)

VALENCIA – Musim 2019 menjadi milik Honda. Marc Marquez sukses menuntaskan balapan terakhirnya di musim 2019. Pembalap Repsol Honda itu keluar sebagai juara MotoGP Valencia setelah memunggungi rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo di Sirkuit Ricardo Tormo, kemarin (17/11).

Dengan kemenangan Marquez di laga pamungkas, rider berpaspor Spanyol itu juga mempersembahkan gelar juara kategori tim untuk melengkapi raihan triple crown Repsol Honda pada musim ini.

Meski start dari urutan kedua, Marquez menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 41 menit 21,468 detik, disusul rival terdekatnya yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Pramac Ducati) yang meraih podium ketiga.

Setelah bendera start diangkat, rider Pramac Ducati Jack Miller langsung melesat membelakangi Quartararo yang meraih pole position di tikungan pertama. Marquez yang berada di urutan kedua, makin menjauh. Ia justru turun ke posisi enam di awal balapan.

Butuh dua lap bagi Marquez hingga bisa mengasapi Jack Miller dan kembali ke posisi dua. Tepat di ujung hidung kemudinya, terlihar Quartararo memimpin. Perlahan tapi pasti usai lap kedua, Marquez makin membuntutinya dari belakang. Ia terus melakukan tekanan di beberapa tikungan.

Butuh waktu 15 menit bagi Marquez hingga akhirnya melewati rider Perancis itu di tikungan 11 saat memasuki lap delapan.

Di lap ke sembilan, The Baby Alien- sebutan Marquez mulai menjauh dari kejaran Quartararo dengan selisih 0,5 detik atas Quartararo.

Repsol Honda yang masih berpeluang mengalahkan Ducati dalam perebutan gelar juara dunia tim membuat Marquez termotivasi untuk meraih kemenangan di Valencia. Suhu dingin Sirkuit Ricardo Tormo membuat sejumlah pebalap mengalami kecelakaan di tikungan empat dan enam. Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Johann Zarco, Iker Lecuona, dan Franco Morbidelli mengalami kecelakaan.

Kecelakaan yang terjadi di tikungan enam lap 13, membuat Zarco harus dibawa ke ruang medis. Sepeda motor pengganti Takaaki Nakagaami di LCR Honda itu rusak usai terpental saat Iker Lecuona menghantamnya dari belakang.

Lesatan Marquez tidak mampu diiringi oleh GP19, sepeda motor milik Quartararo. Hingga di lap 24, pria dengan delapan gelar juara makin melebarkan selisih waktu lebih dari 1,6 detik dari Quartararo.

Hingga di lap terakhir, Marquez mencatat waktu balapan selama 41 menit 21,469 detik, unggul 1,026 detik atas Quartararo. Podium ketiga ditempati Miller yang terpaut 2,409 detik.

Sementara pembalap senior Valentino Rossi harus puas di posisi delapan. Sama halnya denhan Jorge Lorenzo mengakhiri karier di MotoGP dengan finis di posisi 13 dalam seri kemarin.

Hasil ini menambah koleksi poin Marquez di musim 2019 menjadi 420, disusul oleh pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso. Pembalap Italia meraih peringkat kedua dengan 269 poin. Urutan ketiga dihuni pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dengan 211 poin.

Selanjutnya, peringkat keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, dengan 205 poin, dan pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, dengan 192 poin.

Dengan hasil ini, Quartararo pun mengunci gelar rider independen san debutan terbaik musim ini.

(fin/tgr)