Spanyol vs Rumania: Skuad El Classico Bukan Jaminan

MADRID – Ketika Spanyol menjadi juara Eropa, 11 tahun silam, ada lima pemain direkrut dari Real Madrid dan Barcelona. Mereka menjadi starter kemenangan La Furia Roja 1-0 atas Jerman di final Euro 2008.

Dua tahun kemudian, Spanyol menjadi juara dunia usai membungkam Belanda 1-0 di final Piala Dunia 2010. Gelandang Barcelona Andres Iniesta menjadi man of the match dalam laga tersebut.

Dominasi dua klub raksasa tersebut tak kunjung berkurang. Spanyol kembali mempertahankan gelar kampiun di Euro 2012, usai menandaskan langkah Italia empat gol tanpa balas. Dari 11 starting lineup yang diturunkan, hanya David Silva yang menjadi pemain dari luar Barcelona atau Real Madrid.

Lama kelamaan prestasi Spanyol meredup, itu menyusul jumlah pemain Barcelona dan Real Madrid terus berkurang secara bertahap. Pada Piala Dunia 2014, kedua tim mulai mengurangi pemain yang diturunkan menjadi 10 pemain dan terus menyusut hingga tujuh pemain pada Euro 2016.

Namun di Piala Dunia 2018, kondisi Spanyol tak banyak berubah. Sebenarnya, sang pelatih Julen Lopetegui telah menunjuk tujuh pemain El Classico. Tiga punggawa berasal dari Real Madrid, empat pemain Barcelona, ??tiga pemain lainnya dari skuad Atletico Madrid hanya kiper David de Gea yang berasal dari Manchester United. Kendati diisi pemain bintang, raksasa Eropa itu harus kalah dari Rusia lewat adu penalti di babak kedua.

Skuat baru tanpa dominasi Barcelona dan Real Madrid mulai menunjukkan hasil positif. Pada kemenangan 4-1 atas Wales pada Oktober 2018, hanya Sergio Ramos dan Dani Ceballos yang mewakili Real Madrid, sementara Sergio Busquets adalah satu-satunya pemain Barcelona yang masuk dalam laga tersebut. Format itu masih berlaku hingga Spanyol memastikan diri menjadi juara di grup mereka.

Ya, Spanyol lolos ke putaran utama EURO 2020 bersama Swedia. Melawan Rumania, yang masih berpeluang maju ke babak play-off, La Furia Roja kembali membidik hasil optimal di matchday pemungkas Grup F Kualifikasi EURO 2020, Selasa (19/11) dini hari.

Anak asuh Robert Moreno bertekad menutup perjalanannya di kualifikasi ini tanpa terkalahkan dan masuk pot 1 saat drawing 30 November mendatang.
Dalam laga di Wanda Metropolitano, Madrid. Spanyol wajib meraih tiga poin atas Rumania.

Pada pertemuan pertama, Spanyol menjinakkan Rumania 2-1 di Bukares. Spanyol unggul lewar penalti Sergio Ramos dan gol Paco Alcacer, sedangkan Rumania menipiskan selisih skor lewat gol Florin Andone.

Kamis lalu, Sergio Ramos dan kolega menghabisi Malta di Cadiz tujuh gol tanpa balas. Tujuh gol itu dicetak oleh tujuh pemain berbeda. Alvaro Santi Cazorla mencetak gol internasional pertamanya empat tahun setelah cedera.

Paul Torres dan Dani Olmo mencetak gol dalam debut senior mereka. Sementara itu, gol-gol lainnya disumbangkan oleh Alvaro Morata, Pablo Sarabia, Gerard Moreno, dan Jesus Navas. Di depan pendukungnya sendiri, mereka dituntut menutup kualifikasi dengan kemenangan.

(dbs/fin/tgr)