JAKARTA – Ngemil sambil nonton televisi adalah kegiatan yang mengasyikan. Ditemani sesuatu untuk dikunyah, sambil menonton acara TV atau film kesayangan Anda, memang enak untuk melepas stress dari kesibukan di kantor.

Namun siapa sangka, kebiasaan Anda yang satu ini, ternyata bertanggungjawab atas terbentuknya sebuah kondisi kesehatan bernama tromboemboli vena.

Menurut sebuah studi di AS, kondisi berdampak pada beberapa area tubuh seperti tangan dan kaki, juga panggul. Sementara pada paru-paru, ia dapat menyebakan pembekuan darah di area yang dimaksud.

Menurut ahlli, kondisi ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan olahraga rutin, namun tidak berdampak apabila hanya dilakukan sesekali. 

“(Meski) kebiasaan Anda menonton TV tidak berbahaya, namun ketika seringkali ditemani dengan camilan, ditambah duduk berlama-lama (inilah yang berbahaya),” kata Prof. Mary Cushman seperti dilansir Express.

Persentase terkena kondisi ini sendiri,menurut temuan itu, terbilang cukup tinggi, karena mereka yang sangat sering menonton TV sambil ngemil, diproyeksikan punya risiko sebesar 70 persen lebih tinggi, terkena kondi di atas, dibandingkan mereka yang tidak.(ruf/fin)