Langkah The Minions Terhenti

FOTO: Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

HONG KONG – Hasil berbeda ditunjukkan dua ganda putra Indonesia di babak perempat final Hongkong Open 2019, kemarin. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak semifinal Hong Kong Open 2019. Kemenangan straight game direbut The Daddiea atas pasangan Denmark, Mathias Boe/Mads-Conrad Petersen, dengan skor 21-11, 21-11.

Sayang kesuksesan itu tak diikuti oleh Unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. The Minions harus mengakui kehebatan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, ganda putra asal Jepang yang merupakan unggulan kelima. Kevin/Marcus kalah dengan skor 21-16, 14-21, 20-22.

Pertemuan Kevin/Marcus dengan Endo/Watanabe memang selalu berlangsung ramai. Dalam empat pertemuan, Kevin/Marcus bahkan kalah di dua pertemuan terakhir di Badminton. Asia Championships 2019 dan Thailand Open 2019.

Sebetulnya, Kevin/Marcus berpeluang besar untuk menang saat unggul jauh 16-10 hingga 19-15. Namun pada poin-poin kritis, Endo/Watanabe bermain lebih menekan pertahanan The Minions.

“Lawan kami memang nggak gampang mati, mereka juga mainnya lebih tenang. Waktu kami memimpin di game ketiga, sebetulnya tidak ada perubahan permainan dari lawan. Kami kurang beruntung di akhir game,” kata Kevin dilansir dari siaran resmi PBSI, kemarin

“Penampilan kami secara keseluruhan cukup lumayan, kami sudah unggul tapi kami tidak bisa menyelesaikan dengan baik. Lawan memang tidak mudah ditembus,” tambah Marcus.

Dengan kekalahan ini, Kevin/Marcus harus memendam harapan untuk mempertahankan gelar juara yang mereka raih tahun lalu. Pekan lalu mereka baru saja mempertahankan gelar di turnamen Fuzhou China Open 2019.

Sementara, gaya agresif Hendra/Ahsan membuat Boe/Petersen kewalahan. Mereka tidak dapat mengembangkan permainan dan selalu tertinggal jauh. Servis tipis yang dimainkan Hendra/Ahsan pun seringkali merepotkan Boe/Petersen hingga beberapa kali mereka menggelengkan kepala karena kewalahan.

“Alhamdulillah, kami bisa melewati pertandingan hari ini. Bolanya sedikit lambat, tadi pola pokirnya ya main kuat-kuatan saja sama mereka. Karena kalau melihat dari pertemuan sebelumnya kan mereka mainnya defense balik serang, ya jadi ikuti saja dulu mainnya,” kata Ahsan.

“Kami nggak nyangka menang dua game langsung, kami sudah waspada sama mereka. Walaupun baru berpasangan, tapi mereka cukup merepotkan. Jadi kami sudah siap dari awal permainan,” tambah Hendra.

Diketahui, Boe/Petersen merupakan kombinasi baru. Sebelumnya Boe berpasangan dengan Carsten Mogensen yang sudah memutuskan untuk pensiun. Sedangkan Petersen berpasangan dengan Mads Pieler Kolding.

“Boe/Petersen kan pasangan baru, chemistry-nya belum sekuat dengan pasangan yang lama. Permainan mereka bagus, tapi mungkin masih mencari-cari cara main yang tepat,” ujar Ahsan.

Di babak semifinal, Hendra/Ahsan akan berjumpa dengan Li Jun Hui/Liu Yu Chen dari Tiongkok, atau ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Di nomor lain, pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi wakil Indonesia kedua yang lolos dari babak perempat final Hong Kong Open 2019.

Hafiz /Gloria Widjaja memastikan diri lolos ke semifinal Hong Kong Open 2019 setelah mengalahkan Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo (Jepang).

Berlaga di Hong Kong Coliseum, keduanya tampil menekan dan meraih kemenangan dengan skor yang cukup meyakinkan, yaitu 21-13, 21-14.

(fin/tgr)