Honda Sibuk Mencari Pendamping Marquez

VALENCIA – Repsol Honda mulai mencari pembalap terbaik untuk mendampingi Marc Marquez menyusul keputusan Jorge Lorenzo untuk pensiun dari MotoGP musim ini. X-Fuerza-julukan Lorenzo- akan menjalani balapan terakhir di GP Valencia, besok (17/11).

Ya, momentum ini menjadi berkah para pembalap muda dan fresh di musim 2020 bersama pabrikan Jepang tersebut. Sejumlah nama mulai dirapal manajeman Honda untuk menghuni paddock second rider musim depan.

Nama-nama seperti rider tim satelit LCR Honda Cal Crutchlow dan Johann Zarco masuk dalam radar mereka untuk menggantikan posisi Lorenzo.

Dilansir dari Crash, Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig menegaskan Honda belum melakukan negosiasi dengan pebalap lainnya. Tapi, dirinya tak membantah jika saat ini Honda tengah mencari pebalap terbaik pendamping Marquez di MotoGP 2020. “Kami masih memilih opsi pembalap lain sembari menunggu seri ini selesai,” paparnya, kemarin.

Meski tengah gencar mencari pebalap tandem The Baby Alien, sebutan Marquez, Puig mengatakan, ia masih meminta masukan Marquez terkait kriteria rekan setimnya musim depan. “Tentu saja dengan punya pebalap seperti Marquez, Anda akan tanyakan pendapatnya soal pebalap kedua,” tambah Puig.

Rider Luc Crutchlow menjadi bidikan utama. Lihai dan berpengalaman menjadi portofolionya bisa mendampingi juara dunia delapan kali tersebut. Sayang, masalah usia menjadi faktor riskan bagi Honda atas dirinya. Rider asal London iti telahbmenginjak 34 tahun, kendati demikian ia terkenal sebagai pembalap yang jarang cedera. Selama di MotoGP, ia telah 156 kali turun balapan. Hasilnya, tiga kemenangan dan 19 podium dia raih dalam sembilan musim terakhir.

Sedangkan Zarco adalah pilihan kedua. Meski hanya berstatus sebagai pembalap pengganti di tiga seri terakhir musim 2019 dia punya kesempatan yang cukup besar berlabuh bersama Honda.

Dia tampil impresif ketika tampil di kelas intermediate Moto2. Zarco punya agresivitas yang sejalan dengan DNA Honda. Tercatat dua kali dia meraih gelar Moto2. Lagi-lagi faktor umur membuatnya menjadi daftar tunggu Honda. Usianya yang menginjak 29 tahun, dinilai Honda cukup tua. Yakni tiga tahun lebih tua ketimbang Marc.

Namun, dengan statusnya yang masih free untuk musim 2020. Zarco menjadi pilihan cukup realistis buat Honda. Dia berharap bisa mendapatkan satu kursi balap musim depan. Satu kesempatan terbuka itu hadir dari Repsol Honda.

“Duduk bersama Repsol Honda dan Marquez adalah mimpi yang luar biasa bagi setiap rider.,” beber Zarco sebagaimana dikutip Motorsport.

Di awal musim ini, Zarco digadang-gadang menjadi senjata utama KTM Red Bull bersama Pol Espargaro. Dia gagal bersinar dan memilih mengakhiri musim bersama KTM lebih cepat. Lalu, kesempatan besar datang dari LCR Honda setelah Takaaki Nakagami memutuskan untuk menjalani operasi bahu setelah GP Jepang.

Repsol Honda memang punya hak prerogatif dalam menentukan satu rider lainnya untuk musim depan. Marc Marquez paham betul kondisi tersebut. Tetapi, dia punya pandangan tersendiri akan siapa sosok rider yang menjadi rekannya di 2020.

Menurutnya, Honda saat ini punya dua opsi strategis. Yakni, menggaet pembalap yang berpengalaman atau memberikan kesempatan pada pembalap muda untuk investasi masa depan. “Aku tak punya banyak pilihan siapa yang cocok menjadi pendampingku nanti, apalagi ini merupakan wewenang Honda sepwnuhnya,” ujar delapan kali juara dunia tersebut.

Pembalap Spanyol itu juga menyebut sosok sang adik, Alex Marquez yang masuk dalam daftar pertimbangan Honda. Kemampuan Alex memang belum setangguh kakaknya. Tetapi dengan portofolio mentereng, yakni sebagai mantan juara Moto3 dan juara Moto2 musim ini bisa menjadi pertimbangan manajemen Honda.

“Biarkan adikku (Alex) menatap masa depannya sendiri. Dia adalah juara Moto2, dan dia memang masuk dalam daftar, banyak yang ingin merekrutnya” lanjutnya. Dengan usia 23 tahun, Alex akan menjadi investasi besar Honda untuk musim-musim MotoGP berikutnya. Akan sangat menarik melihat Marquez brothers berbagi paddock dan membalap di kelas yang sama.

(dbs/fin/tgr)