CR7, Raja Hattrick Dunia

LISBON – Impian Cristiano Ronaldo yang belum terwujud hanya satu, membawa Piala Dunia kepada Portugal. Menjadi kampiun Euro 2016 adalah momentum terbaiknya hingga kini bersama Selecao-julukan Timnas Portugal- namun itu belum memuaskan hasratnya. Bomber Juventus menginginkan hal yang lebih.

Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan diri sebagai bomber kelas dunia dengan mencetak hat-trick saat Portugal melumat Lithuania 6-0 di matchday ke sembilan Kualifikasi Euro 2020, dini hari kemarin.

Hattricknya ke gawang Lithuania menambah koleksi Ronaldo menjadi 98 gol internasional. Posisi itu membuatnya semakin mendekari rekor torehan gol striker Iran Ali Daei (109) dalam daftar pencetak gol terbanyak di level antarnegara. Namun, secara level kompetisi, Ronaldo lebih berpengalaman ketimbang Ali Daei yang jam terbangnya hanya berkutat bersama negara-negara Asia.

Melihat kiprah Ronaldo yang masih sulit untuk dihentikan, rasanya sang superstar masih memiliki peluang untuk memecahkan rekor tersebut dan menjadi yang terbaik sepanjang masa terkait koleksi gol internasional.

Meski demikian, untuk jumlah hat-trick pemain berusia 34 tahun itu bisa tersenyum puas. Pasalnya, tiga golnya ke gawang Lithuania membuatnya didapuk sebagai bomber yang terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Hingga kini, ia telah mengoleksi sembikan hat-trick untuk Portugal, melewati catatan delapan milik Ali Daei.

Di usia yang masih produktif, ambisi Ronaldo terus mengoleksi capaian golnya belum terhenti. Tiga hari kedepan, peluang itu terbuka lebar. Portugal akan bertemu Luxsemburg. Dalam laga nanti, Ronaldo hanya butuh dua gol tambahan untuk menyentuh 100 gol internasional.

Entrenador Portugal Fernando Santos mengatakan, Ronaldo telah menjawab kepercayaan darinya dengan baik dalam laga kemarin. Santos tak terkejut saat sang anak emas bisa melahirkan hattrick.
“Sebelum tanding, saya bertanya padanya apakah dia dalam kondisi oke untuk bermain, ini hanya perbincangan dengannya,” kata Santos kepada Daily Mail usai laga.

Usai laga, puluhan fans Portugal berlari ke rumput untuk bertemu Ronaldo dan dia menjawab dengan ramah, berbagi selfie bersama.

Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda masalah lutut yang membuatnya diganti dalam dua pertandingan terakhirnya untuk Juventus
“Jujur, saya tak pernah meragukan kondisinya, hanya orang yang terlalu meremehkannya yang ragu Tentang Ronaldo, tak ada yang membuat saya terkejut,” ujar Santos.

Dalam unggahan di akun Twitter pribadi-nya, Ronaldo menuliskan terkait kerja sama tim dan peluang untuk lolos ke fase grup Piala Eropa 2020.

“Tim yang bagus menang! Kami selangkah lebih dekat!” tulis Ronaldo sembari menyertakan hashtag #todosporportugal yang berarti “semua untuk Portugal”.

Laga melawan Luksemburg menjadi penentu lolosnya Portugal ke Euro 2020. Di Grup B, Portugal sebetulnya bisa lolos seandainya menang atas Lituania dan Serbia imbang Luksemburg.
Namun, syarat kedua tak terpenuhi karena Serbia ternyata menang 3-2 atas Luksemburg.

Laga melawan Luksemburg menjadi pertarungan hidup-mati bagi Portugal. Pasalnya jika mereka bermain imbang atau kalah, posisinya akan berpotensi tergeser oleh Serbia yang berada tepat di bawah mereka.

Portugal berada di bawah Ukraina (19 poin). Kemudian di posisi ketiga, dikuntit Serbia (13) dengan Luksemburg (4) dan Lituania (1) menyusul di bawahnya.

(dbs/fin/tgr)