Singo Edan Melempem

SOREANG – Singo Edan-julukan Arema kembali melempem di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/11) kemarin. Persib Bandung berhasil meraih kemenangan atas Arema FC 3-0 pada laga tunda pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2019.

Ketiga gol kemenangan tim yang juga berjuluk Pengeran Biru itu diciptakan pada babak pertama. Kim Kurniawan yang pertama mencatatkan namanya di papan skor lewat gol cepat di menit ke-6, melalui sepakannya ke arah pojok gawang Arema yang tak mampu dihalau kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Keunggulan Persib Bandung bertambah pada menit ke-36. Sepakan deras Omid Nazari dari luar kotak penalti sempat membentur mistar gawang sebelum bola jatuh dan menjauh dari gawang Arema FC. Namun, bola telah lebih dulu melewati garis gawang.

Tiga menit berselang, salah satu tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu kembali menambah pundi-pundi gol-nya dan membuat kedudukan berubah menjadi 3-0. Kali ini, Frets Listanto Butuan yang mencatatkan namanya di papan skor.

Skor bertahan hingga turun minum. Di paruh kedua, Arema terlihat bergantian menyerang ke pertahanan tuan rumah. Tim kebanggaan masyarakat Malang itu terus berupaya menggempur gawang Persib. Namun kokohnya pertahanan Persib yang dikomandoi Supardi Nasir tak mampu membuat mereka memperkecil kedudukan hingga laga berakhir.

Menanggapi kemenangan ini, pelatih Persib Robert Rene Alberts mengaku puas. Bahkan, ia mengaku bangga dengan penampilan gemilang anak asuhnya meskipun tanpa pemain-pemain inti. Ya, dalam laga ini, Persib ditinggal enam pemainnya seperti Febri Hariyadi, Ezechiel N’Douassel hingga Ardi Idrus.
Akan tetapi, Alberts menilai pemain pengganti bisa tampil maksimal.

“Saya sangat senang dengan penampilan pemain. Selamat untuk suporter yang datang hari ini. Ini kemenangan yang penting karena Arema tim tangguh. Meskipun tanpa lima pemain inti, kami masih punya kedalaman. Tim juga sudah semakin mengerti bagaimana mereka harus bermain,” ucap Alberts usai pertandingan.

Lebih lanjut, Albert menilai anak asuhnya menampikan permainan sepak bola menyeran dan rapat di pertahanan di babak pertama dan membuat Persib mampu unggul 3-0 di paruh pertama tersebut. Dan hal tersebut juga membuat Arema kesulitan untuk melakukan serangan ke jantung pertahanan Persib.

“Padahal Arema adalah tim yang kuat dalam menyerang. Jadi saya rasa patut memberikan apresiasi kepada tim. Saya sangat bangga dengan apa yang ditunjukan pemain hari ini. Mereka pantas mendapat pujian atas kemenangan fantastis di kandang ini. Ini juga jadi kali pertama stadion penuh. Mereka (bobotoh) berada di belakang tim hari ini dan mendukung Persib,” jelas Alberts.

Sementara itu, pelatih Arema FC, Milomir Seslija menjelaskan peneyebab kekelahan timnya atas Persib. a mengatakan, faktor utama yang membuat timnya kalah adalah hilangnya beberapa pemain pilar pada laga tersebut. Ya, pelatih yang akrab disapa Milo itu mengaku timnya tampil tak maksimal lantaran banyak pemainnya yang absen seperti Hamka Hamzah, Dendi Santoso, Hanif Sjahbandi, dan empat lainnya.

“Ada beberapa pemain yang berada di posisi vital tidak main. Padahal kami memiliki catatan baik saat bermain di luar kandang. Kami ini kehilangan beberapa pemain,” ungkap Milo.

Selain itu, ia juga mempertanyakan keabsahan gol pertama Kim Jeffrey. Ia menilai, gol itu kontroversial lantaran dikatakannya sebelum gol itu terjadi ada pelanggaran, namun wasit tak menyatakan hal itu sebagai sebuah pelanggaran.

“Gol yang pertama itu ada pelanggaran dan tidak melakukan set play. Itu gol pertama itu menjadi penyebab (kekalahan),” tuntas Milo.

Dengan hasil ini, membaut Persib menyapu menyapu bersih kemenangan dalam empat laga terakhir. Dedi Kusnandar dan kawan-kawan pun naik dua tingkat ke posisi keenam dengan mengoleksi 40 poin.

Persib menggeser PSS Sleman yang sebelumnya menempati posisi tersebut walau punya jumlah poin sama. Tim Maung Bandung unggul head to head dari tim yang diarsiteki Seto Nurdiantoro tersebut. Di sisi lain, hasil di tandang membuat Arema gagal melanjutkan tren kemenangan usai mengalahkan Madura United 2-0.

Upaya anak asuh Milomir Seslija masuk ke zona empat besar Liga 1 Indonesia pun untuk sementara tertunda. Kini mereka tertahan di peringkat kelima dengan 41 poin dari 27 laga.

Susunan Pemain

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (k); Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Supardi Nasir, Zalnando (b); Abdul Aziz, Kim Kurniawan, Omid Nazari (t); Dedi Kusnandar, Erwin Ramdani, Frets Butuan (d) Pelatih: Robert Alberts

Arema FC (4-4-2): Kartika Ajie (k); Arthur Cunha, Jayus Hariono, Alfin Tuasalamony, Johan Alfarizi (b); Takafumi, Akahoshi, Makan Konate, Ridwan Tawainella, Ricky Ohorella (t); Ahmad Nur Hardianto, Rivaldi Bawuo (d) Pelatih: Milomir Seslija