Adu Cuan Kejar Sang Rival

Foto: @realmadrid/instagram

MADRID – Manchester City dan Real Madrid disebut-sebut tengah menyiapkan uang besar di jendela transfer Januari mendatang. Aliran dana kedua tim milik taipan kelas dunia ini seperti tak ada serinya. Tak tanggung-tanggung, jika kedua dana dua tim digabungkan jumlahnya mencapai Rp5,4 triliun. Gelontoran dana itu disiapkan untuk memuaskan ambisi mengejar rivalnya. (selengkapnya lihat infografis)

Real Madrid menyiapkan 220 juta euro atau setara Rp 3,4 triliun yang akan dihabiskan klub. Isu yang beredar uang sebanyak itu untuk mendatangkan pemain-pemain baru di bursa transfer Januari 2020 mendatang. Kedatangan bintang-bintang anyar akan menambah amunisi skuat besutan Zinedine Zidane merebut kembali tahta La Liga dari tangan Barcelona.

Dilansir dari Foxsports, Real Madrid masih penasaram untuk merekrut pemain-pemain top Eropa. Los Blancos-sebutan Real Madrid- tengah mengincar pemain yang berposisi di gelandang dan bek. Nama tersebut jatuh kepada Christian Eriksen dari Tottenham Hotspur dan Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Eriksen makin moncer bersama Spurs hingga kini. Pemain asal Denmark mendapat lampu hijau dari klub setelah kontraknya yang akan berakhir 30 Juni 2020 tidak diperpanjang. Dilansir dari Transfermarkt, mahar gelandang Spurs tersebut mencapai 100 juta Euro atau Rp1,5 triliun.

Sementara untuk Koulibaly, pemain asal Senegal itu disebut memiliki kapasitas yang cukup baik selama membela Napoli. Carlo Ancelotti juga tak ragu menerjunkannya di setiap laga musim ini baik di Seria A dan Liga Champions.Coulibaly akan memperkuat lini serang yang dinilai masih tumpul di musim ini.

Di sisi lain, Manchester City mulai bersiap untuk menghabiskan dana 100 juta Pound untuk memastikan dirinya sebagai tim elit Eropa. Dilansir dari Sportsmail, para petinggi klub mulai melenturkan otot keuangan mereka untuk memastikan posisi skuad tidak menurun. City saat ini hanya berjarak sembilan poin membuntuti Liverpool ketika mereka mencoba untuk memenangkan gelar ketiga kalinya secara berturut-turut.

Dana 100 juta Pound, tidak hanya untuk membeli pemain bintang. The Citizeb juga akan melakukan negosiasi ulang kontrak selama beberapa bulan mendatang untuk memastikan skuat Pep Guardiola tetap utuh.

Laporan lain menyebut jika Pep Guardiola tengah mengincar bek dan playmaker baru di bursa Januari mendatang . Hal itu dilakukan untuk memperkuat lini bertahan yang dinilai kurang optimal di musim ini.
City akan membeli bek tengah baru untuk menggantikan mantan kapten Vincent Kompany yang memilih menjadi pelatih di tim asalnya, Anderlecht.

Sementara, skuat juga membutuhkan pengganti sosok attacking milfielder seperti David Silva, yang akan pergi musim panas mendatang. Termasuk, pemain baru untuk mengisi posisi Sergio Aguero yang akan pergi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Masa depan Guardiola juga tengah dipertanyakan. Terutama, setelah istrinya Cristina kembali ke Spanyol awal tahun ini. Namun dilansir dari Dailymail, Guardiola berkomitmen untuk sisa 18 bulan yang tersisa dalam kontraknya bersama City ke depan.

Di sisi lain, sikap arogansi menjadi perhatian Federasi Sepakbola Inggris (FA). Hingga kini, FA belum memberikan hukuman atas komentar ‘sarkastik’ Pep Guardiola terhadap wasit Michael Oliver dan asistennya menyusul kekalahan 3-1 Manchester City dari Liverpool di Anfield, pekan lalu.

Saat itu, Guardiola terlibat adu mulut kepada wasit Oliver setelah City tidak mendapatkan hadiah dua penalti dalam kejadian tersebut.

Meski kalah, Guardiola bahkan tak malu-malu untuk menyatakan bahwa penampilan City luar biasa. Penampilan City di laga ini, menurut Guardiola, menjadi bukti dari kesuksesan mereka menjuarai Premier League dua musim terakhir. Apalagi bursa Januari depan, City akan membeli pemain-pemain barunya.

Bek tengah yang disebut-sebut tengah menjadi incaran Man City adalah Dayot Upamecano. Penggawa RB Leipzig itu digadang-gadang cocok dengan filosifi bermain Josep Guardiola. Apalagi, Dayot menjadi sorotan menjaga Leipzig tampil apik di Liga Champions musim ini.

Dilansir Sportsmole, Man City tertarik untuk mendatangkan Rakitic sebagai pengganti David Silva yang kontraknya akan habis akhir musim ini. Pemain asal Spanyol tersebut menegaskan jika dia tidak akan memperpanjang kontraknya lagi.

Secara teknis, Rakitic dinilai punya semua atribut yang melekat pada Silva. Pemain ini punya visi permainan yang baik, cepat, akurasi umpan yang baik, dan mampu mencetak gol saat lini depan tumpul.

(fin/tgr)