JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi jika PlayStation 5 akan meluncur pada akhir 2020 mendatang, entah itu di bulan November atau Desember. 

Dengan itu, sudah begitu banyak bocoran yang beredar di luar sana, yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan, untuk memutuskan apakah Anda akan menjadi bagian dari PS5 saat konsol ini diluncurkan , atau masih akan setia dengan konsol lawas Anda saat ini, dengan pertimbangan tertentu.

Berikut bocoran seputar PlayStation 5 yang wajib Anda ketahui, sebelum konsol milik Sony itu akhirnya dirilis:

Harga PS5 tidak semahal yang Anda kira

CFO Sony, Hiroki Totoki mengatakan jika harga PS5 nantinya, akan dilepas pada angka yang terjangkau, demi mempercepat proses peralihan user PS4 ke PS5.

SSD PS5 dibuat dalam bentuk cartridge

Seperti diberitakan FIN sebelumnya, PS5 akan hadir dengan media penyimpanan eksternal berbentuk Cartridge atau kaset (sebutan akrab di tanah air).

Sony akan memperkenalkan PS5 pada Februari 2020

Seperti halnya seri PlayStation sebelum-sebelumnya, Sony punya kebiasaan untuk mengulang strategi pemaran mereka. Sebelumnya PS4 diperkenalkan pada khalayak pada Februari 2013, tepatnya di kota New York. 

PS5 akan dirilis dalam dua tipe

Rumor has it,  dan berbeda dengan strategi Sony di masa lalu, PS5 nantinya akan dirilis langsung dalam dua tipe, satu tipe PS5 standar, dan satunya lagi PS5 Pro

PS5 dibekali kamera built-in resolusi tinggi

Tidak seperti terdahulu, kamera PS5 tidak akan dijual secara terpisah. Konsol next-gen ini, diklaim bakal hadir dengan kamera built-in beresolusi 4k.

Sony juga siapkan PSVR2 

Untuk menguatkan daya jual PS5, Sony juga dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat VR generasi baru. Yang menjadi jualan utama suksesor PSVR ini, adalah fitur nirkabel yang ditawarkan, selain juga kemampuannya untuk menampilkan gambar dengan stereoscopic depth.

PS5 bakal hemat daya listrik

Berkomitmen pada program “Playing fot the Planet” yang dicanangkan PBB, Sony berjanji akan menghadirkan konsol next gen mereka, menjadi konsol yang lebih ramah terhadap konsumsi energi, dengan mengaplikasikan “low power suspend mode”.

Backwards compatibility

Backwards compatibility, atau kemampuan PS5 untuk memainkan game-game dari konsol sebelumnya, dalam hal ini PlayStation 4, tengah disempurnakan para engineer Sony.

Daftar game PS5 yang siap diluncurkan bareng

Horizon Zero Dawn 2, Dying Light 2, The Next “Call of Duty”, Death Stranding, Ghost of Tsushima, Cyber Punk 2077 dan The Last of Us II (remaster), Assassin’s Creed: Kingdom, FIFA 21 dan PES 2021, Gran Turismo 7 adalah beberapa yang diperkirakan bakal hadir dalam peluncurannya. 

(ruf/fin)