Simic, Mimpi Buruk Pesut Etam

(SUMBER FOTO: PERSIJA)

CIKARANG – Striker Persija Jakarta, Marko Simic menjadi mimpi buruk bagi Borneo FC setelah sukses mencetak empat gol laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.

Ya, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (11/11) kemarin, tim berjuluk Macan Kemayoran itu sukses mengalahkan tamunya Borneo FC dengan skor 4-2.

Menarikanya, empat gol untuk kemenangan tim kebanggaan masyarakat Ibukota itu seluruhnya dicetak oleh Marko Simic (20′, 38’P, 50′, 66′). Sedangkan, dua gol dari Borne FC diciptakan Matias Conti (60’P) dan Juan Ramon Alsina (69′).

Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri, Persija baru bisa membobol gawang Borneo FC yang dikawal Gianluca Claudio Pandeynuwu. Melalui Marko Simic lewat tendangan bebasnya dari luar kotak penalti. Persija menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Gol itu dibukukan Simic lewat titik putih. Hadiah penalti itu diberikan wasit setelah pemain Borneo FC melakukan handball di dalam kotak terlarang.

Sejatinya, Gianluca bisa menebak bola eksekusi Simic, tapi gagal mencegah bola masuk ke gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum. Lima menit usai jeda, Persija kembali menambah keunggulan menjadi 3-0.

Lagi-lagi Simic yang mencatatkan namanya di papan skor usai meneruskan umpan tendangan sudut Ismed Sofyan. Sepuluh menit kemudian, Borneo memperkecil kedudukan menjadi 1-3 lewat tendangan penalti Matias Conti. Tendangan 12 pas itu diberikan oleh Borneo FC setelah Muahmmad Shiran dilanggara didalam kotak terlarang oleh Ismed Sofyan. Conti yang menjadi eksekutor setelah sempat berdebat dengan Lerby Eliandry, menunaikan tugasnya dengan baik.

Dengan tenang, pemain nomor sembilan itu mampu menceploskan si kulit bundar ke gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhyasa. Namun, Persija kembali melebarkan jaraknya enam menit berselang. Ya, Simic lagi yang memang menjadi mimpi buruk bagi Borneo FC dalam pertandingan ini lewat gol keempatnya yang menyambar bola liar di mulut gawang.

Borneo FC merespons gol itu dengan cepat. Tendangan sudut Renan Silva semenit kemudian, dimanfaatkan dengan baik oleh Juan Alsina. Sundulan pemain Uruguay itu masuk ke gawang Andritany. Kedudukan menjadi 2-4 bertahan hingga laga berakhir. Kemenangan Persija ini tak lepas dari penampilan gemilang Marko Simic yang sukses mencetak empat gol dalam pertandingan tersebut.

Selain itu, empat gol ini juga membuat Simic memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Liga 1 Indonesia 2019 dengan koleksi 21 gol. Ia unggul lima gol dari pemain Persela Lamongan, Alex Dos Santos. Akan tetapi, catatan empat dalam satu pertandingan bukan hal baru untuk Simic.

Dia pernah melakukannya juga dengan kostum Persija saat main di AFC Cup melawan Johor Darul Takzim. “Hari ini saya mencetak empat gol yang merupakan momen jarang terjadi dalam pertandingan sepak bola. Namun, saya di Persija pernah mencetak empat gol juga saat melawan Johor di AFC Cup da di Piala Indonesia juga pernah lima gol (lawan 757 Kepri Jaya FC),” ungkap Simic usai pertandingan.

“Saat saya masih main di Malaysia juga pernah mencetak empat gol. Dalam dua tahun saya sudah pernah mencetak 4 gol tiga kali. Terima kasih Tuhan saya bebas cedera,” tambahnya.

Meski demikian, Simic enggan terlena dengan penampilan gemilangnya tersebut. Baginya yang terpenting adalah kemenangan dalam setiap pertandingan bagi Persija Jakarta. “Tak ada waktu untuk enjoy, selamat kepada coach staf dan semuanya. Saya mengikuti instruksi pelatih, kerja keras, improve diri saya sendiri dan membantu tim. Kami menunjukkan bagaimana bermain sepak bola yang bagus. Kami mendominasi di lapangan, penguasaan bagus. Dan ini pertandingan yang sangat amazing,” tegasnya.

Lebih lanjut, Simic juga mengingatkan timnya juga enggan terlena usai mengalahkan Borneo FC. Ia ingin timnya langsung mengalihkan fokus ke laga selanjutnya kontra Persela Lamongan. “Memang situasi ini membuat kami senang tapi besok langsung melupakan karena dalam tiga hari kami akan main lagi laga penting. Harus memastikan menyiapkan laga kontra Persela, karena ini laga penting,” tuntasnya.

Sementara, Pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengakui kekelahan timnya atas Persija. Menurutnya, kekalahan yang diterima timnya tak lepas dari kesalahan tim dalam mengantisipasi pergerakan lawan. Namun, Ia meminta agar timnya bisa melupakan hasil pertandingan hari ini dan fokus di laga selanjutnya. “Tiga gol pertama Persija Jakarta datang lewat tendangan penalti, tendangan bebas, dan tendangan sepak pojok. Lalu satu gol Persija Jakarta lainnya tercipta lewat kesalahan dari pemain belakang kami. Tapi kami harus lupakan kekalahan ini dan langsung fokus melawan PSS Sleman,” jelas Gomez.

Dengan hasil laga ini, Persija kini duduk di peringkat 12 klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan koleksi 31 poin dari 26 pertandingan. Sedangkan Borneo FC, bertahan di posisi keempat dengan koleksi 42 poin dari 27 laga.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Alexander Xandao, Fachrudi Aryanto, Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Novri Setiawan, Rachmad Hidayat, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Marko Simic Pelatih: Edson Tavares

Pusamania Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu, Abdul Rahman, Javlon Guseynov, Juan Alsina, Abrizal Umanailo, Ilhamsyah, Makarius Suruan, Renan Silva, Sultan Samma, Terens Puhiri, Matias Conti Pelatih: Mario Gomez

(gie/fin/tgr)