Liverpool 3-1 City: Persaingan Belum Berakhir

LIVERPOOL – Stadion Anfield benar-benar menjadi tempat yang bisa menggetarkan nyali lawan. Senin (11/11) dini hari, Liverpool berhasil meraih kemenangan dari sang rival, Manchester City pada pekena ke-12 Premier League. Tuan rumah berhasil mengalahkan City dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Liverpo masing-masing dicetak oleh Fabinho (6′), Mohamed Salah (13′) dan Sadio Mane (51′). Sedangakan gol hiburan bagi sang tamu diciptakan oleh Bernardo Silva pada menit ke-78.

Meski kalah dari Liverpool, Manajer Manchester City merasa puas dengan performa anak asuhnya dalam pertandingan tersebut. Menurutnya, Kevin De Bruyne sangat agresif melancarkan serangan ke pertahanan tuan rumah. Meski dinilainya, skor akhir bukan-lah mencerminkan permainan kedua tim.

“Apa yang terjadi hari ini adalah kami menunjukkan mengapa kami adalah juaranya. Permainan kami di stadion ini sungguh hebat dan saya benar-benar bangga akan tim saya,” ujar Guardiola kepada Sky Sports.

“Kami bermain luar biasa di stadion ini melawan tim terbaik Eropa dan dengan cara bermain kami, saya sangat bangga. Kami bermain sangat bagus. Penampilan kami menunjukkan mengapa kami menjadi juara dua kali beruntun,” tambahnya.

Kendati demikian, Guardiola tak bisa meyakini timnya bisa kembali meraih gelar juara Premier League. Sebab, kekalahan ini membuat posisi City melorot ke posisi keempat di klasemen sementara. Guardiola hanya mampu berharap timnya bisa bangkit di laga-laga selanjutnya.

“Saya tak tahu. Saya bukan seorang pesulap, saya tak mengetahui masa depan. Sekarang pemain akan bergabung dengan tim nasional mereka, semoga mereka kembali, pemain yang cedera segera kembali dan laga selanjutnya adalah melawan Chelsea di kandang, kami akan mencoba mengalahkan mereka,” jelasnya.

Guardiola kini mencoba untuk lebih realistis menyikapi peluang juara timnya musim ini, mengingat persaingan papan atas makin meriah dengan kehadiran Leicester yang tampil konsisten di bawah asuhan Brendan Rodgers.

“Ada tiga tim di atas kami yang memiliki peluang lebih besar untuk menjadi juara dibanding kami, jadi kan akan mencobany. Dalam sepak bola, Anda tak bisa selalu menang,” tutur Guardiola.

“Di Anfield, saya merasa senang dan saya sangat bangga melihat tim saya bermain di stadion ini melawan tim ini [Liverpool] dan bermain seperti itu,” jelasnya.

Disisi lain, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tak menyakan timnya memiliki keunggulan sembilan poin dari Manchester City yang telah dua musim beruntun meraih gelar juara Premier League. Akan tetapi, Klopp sadar keunggulan itu belum berarti banyak, mengingat kompetisi masih panjang.

Ya, kemenangan ini, membuat Liverpool kini kokoh di puncak klasemen Liga Inggris musim 2019/2020 dengan koleksi 34 poin. Mereka unggul sembilan poin dari City yang kini beradapa di posisi keempat. Posisi Liverpool diikuti oleh Leicester City dan Chelsea yang naik ke posisi dua dan tiga dengan meraih 26 poin sama.

“Hari ini kami benar-benar fokus pada pertandingan ini dan bukan situasi di tabel klasemen dan berapa banyak poin kami di depan City. Itu gila. Sembilan poin di atas Man City – Anda tidak dapat membayangkan bahwa hal seperti ini akan terjadi sebelumnya,” tutur Klopp seperti dikutip Sportsmole.

“Namun itu tidak penting, siapa yang ini menjadi yang pertama di bulan November? karena kami ingin yang pertama di bulan Mei (akhir musim), dan ini baru bulan November,” tegas Klopp menambahkan.

Pelatih berpaspor Jerman itu berharap raihan ini tak mmbuat ana asuhnya jumawa. Ia meminta agar anak asuhnya tetap bersemenagat menjalani pertandingan hingga akhir musim nanti. “Tekanan belum ada di sana. Itu akan datang, tetapi pada saat ini hanya kesempatan dan terus melaju dan melakukan pekerjaan, buang semua yang Anda miliki dan mari kita lihat apa yang terjadi,” tuntasnya.

(gie/fin/tgr)