JAKARTA – Death Stranding gagal memenuhi ekspektasi kritikus, khususnya mereka yang asal Negeri Paman Sam, meski efeknya tidak terlalu terasa hingga ke tanah air.

Karena seperti terlihat pada forum PlayStation Indonesia di platform Facebook, game karya Kojima Productions itu justru menerima begitu banyak review positif.

Melihat fenomena ini, Hideo Kojima pun menjawabnya dalam sebuah wawancara dengan media Italia, Tgcom24, dan menuturkan pendapat pribadinya.

“Harus saya akui game ini menerima review yang hangat (dari para kritikus) di Eropa dan Jepang. “(Namun) di Amerika, kami dikritik habis,” kata Hideo Kojima.

“Mungkin game ini sulit untuk dimengerti kritikus dan audiens tertentu (di AS). (Gamer) Amerika adalah penggemar FPS dan Death Stranding tidak masuk (dalam genre itu), namun lebih tinggi (dari FPS),” sambungnya.

Benda Apa Ini, SSD PlayStation 5?

Kendati demikian, kreator seri Metal Gear Solid itu mengaku tidak mau ambil pusing, dan bersukur karena karya debut studio miliknya, usai hengkang dari Konami, diperbincangkan dunia, khususnya di tanah Eropa.

“Saya selalu ingin menciptakan sesuatu yang baru, dan bahwa perdebatan dan diskusi (soal Death Stranding) adalah fine-fine saja. Namun harus diakui bahwa mereka (gamer) Italia dan Prancis, punya sensibilitas artistik yang berbeda (dengan mereka di AS), yang membuat mereka bisa menghargai produk yang sangat orisinil ini,” ucapnya.(ruf/fin)