Efektifkah Fitness Tracker untuk Pangkas Berat Badan

Pixabay

JAKARTA – Fitness tracker semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat modern, namun pertanyaannya, seberapa efektifkah dalam mematikan penurunan berat badan, yang merupakan salah satu fungsinya. 

Well, menurut sebuah studi yang dilakukan peneliti AS, memantau aktivitas dengan fitness tracker, pada dasarnya,  tidak akan membantu anda menurunkan berat badan. 

Menurut  studi yang memakan dua tahun lamanya dan melibatkan 470 partisipan itu, ditemukan bahwa partisipan yang menggunakan fitness tracker, tidak lebih efektif dibandingkan mereka yang menggunakan jasa konseling untuk menurunkan berat badan, dengan perbandingan 3,4 kg: 5,8 kg.

“Menurut saya masalahnya bukanlah pada pada pemantauan aktifitas, namun bagaimana informasi itu digunakan,” kata kepala studi John Jakicic, PhD, seperti dilansir Prevention.

Menurut Jakicic, upaya untuk menurunkan berat badan terlalu kompleks untuk dimengerti fitness tracker, dan bukanlah sebuah solusi, terlebih pada mereka yang mengalami obesitas. 

“Anda perlu mendapatkan intervensi (tenaga konseling) yang lebih besar ketimbang mengandalkan teknologi wearabel,” imbuhnya.

Kendati demikian, Jakicic mengakui jika fitness tracker bukanlah tanpa potensi, hanya saja, mereka yang menggunakannya, harus bisa memanfaatkan informasi yang didapat dari wearable-nya untuk dimaksimalkan dalam program yang tepat.(ruf/fin)